Facebook Sedang Menggarap Video Chat

Jumat, 04 Agustus 2017 | 08:35 WIB
Share Tweet Share

Ilustrasi [istimewa]

[JAKARTA] Facebook kini tak hanya menyediakan layanan sosial media, Facebook juga belakangan ini tertarik untuk mengembangkan perangkat keras seperti smartphone, headset VR dan lain-lain.

Raksasa sosial media ini dikabarkan tengah menggarap sebuah perangkat baru seukuran laptop yang diperkirakan memiliki layar sentuh seluas 13 hingga 15 inci, dimana fungsi utamanya untuk video chat di rumah mengutip beritateknologi.com. Perangkat tersebut juga diperkirakan akan berjalan pada OS Android.

Seperti yang dilaporkan GSM Arena, perangkat khusus ini akan memiliki kamera wide-angle, microphone berbasis AI dan speaker. Ya, perangkat ini mirip dengan smart speaker, namun memiliki kelebihan pada layar sentuh untuk melakukan video chat.

Dikatakan jika perangkat baru tersebut saat ini tengah dalam masa pengujian, termasuk menerapkannya di rumah orang-orang, meski masih dalam bentuk prototipe. Kelebihan utamanya tentu terletak pada layar besar dan teknologi kamera pintar yang akan membuat pengalaman video chat seperti berbicara dengan tema di satu ruangan yang sama.

Tentu ini selaras dengan misi CEO Facebook, Mark Zuckerberg yang ingin membuat orang lebih dekat bersama orang-orang terdekat mereka melalui Facebook. Perangkat tersebut cocok diletakan di ruang keluarga, dan pada produk ini Facebook menguji software dimana kamera akan mendeteksi orang dalam jangkauannya secara otomatis dan menguncinya. Sebagai contoh dalam kasus ini, kamera akan mendeteksi anak yang membawa lukisan dari sekolah untuk ditunjukkan kepada orang tuanya yang sedang bekerja.

Perangkat ini kemungkinan akan hadir pada konferensi F8 developer tahun depan dengan banderol harga sekitar beberapa ratus dollar AS. Tentu ini jawaban Facebook atas perangkat smart home yang kini mulai marak dikembangkan oleh perusahaan teknologi lain. Kita nantikan saja perkembangan dari perangkat baru tersebut.

Editor: Aurelia A.


Berita Terkait

Komentar