OKE-OCE, Selamat Bekerja Anies-Sandi, Gubernur DKI Jakarta

Minggu, 15 Oktober 2017 | 19:55 WIB
Share Tweet Share

Anies-Sandi, Gubernur DKI Jakarta

Oleh:  Vincent Br

Senin (16/10/2017) Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno dilantik Presiden Jokowidodo di Istana Negara. Dengan ini Anies-Sandi resmi memimpin Jakarta selama 5 tahun mendatang. Selamat!

Kita tahu Anies-Sandi terpilih lewat proses demokrasi yang sangat keras. Warga Jakarta terbelah, bahkan sampai saat ini. Tapi demokrasi yang sehat sejatinya dilandasi sikap sportif, meski pada kenyataannya tidak mudah menaruh sportifitas di atas proses yang syarat dengan gesekan dan benturan.

Maka pada tempat pertama, mari ucapkan selamat kepada gubernur dan wakil gubernur baru. Selamat menjalani dan mewujudkan amanah warga Jakarta. Atau persisnya, SELAMAT BEKERJA ANIES-SANDI.

Jakarta selalu membutuhkan pemimpin yang mau bekerja, bekerja dalam semua aspek pengertiannya. Ini bukan pekerjaan yang mudah, tapi juga bukan sesesuatu yang mustahil. Sebab Jakarta adalah kota yang sangat kompleks. Segala kemudahan sekaligus semua persoalan ada di sini.

Maka siapa pun yang memimpin dari Balai Kota, dia haruslah memiliki kecakapan dalam hal memanfaatkan berbagai kemudahan yang tersedia di Jakarta demi mengurai bermacam ragam persoalan yang ada. Ini pula yang akan dan harus dilakukan Anies ke depan. Dan mengingat dinamika Jakarta yang begitu cepat, maka tidak ada waktu untuk menggelar pesta inagurasi berkepanjangan. Pelatikan gubernur DKI sama dengan lonceng dimulainya jam kerja bagi Sang DKI 1.

Waktu untuk bekerja itu dipertegas oleh alam. Dilantik di Bulan Oktober, Anies-Sandi akan langsung dihadapkan pada musim penghujan yang selalu memunculkan persoalan klasik, banjir dan kemacetan. Maka segera setelah pelantikan nanti langkah-langkah mengantisipasi banjir harus sudah dirumuskan. Mungkin Inilah yang akan menjadi ujian pertama Anies-Sandi sebagai gubernur baru.

Selain persoalan banjir, Anies-Sandi juga akan diuni kecakapannya dalam hal menjadikan Jakarta sebagai tuan rumah Asian Games 2018 yang sedap dipandang mata para kontingen dari negara-negara sahabat. Asian Games nanti akan menjadi pembuktian janji Anies-Sandi untuk menjadikan Jakarta lebih baik. Apa yang harus dilakukan, tentu sudah ada di atas cetak biru rencana dan program kerja mereka.

Selain dua pekerjaan besar tadi, tentu saja Anies-Sandi harus bekerja keras merealisasikan janji-janji mereka selama masa kampanye dulu. Dan di atas segalanya, warga DKI sangat membutuhkan pemimpin yang berani, tegas, jujur dan bersih. Semuanya akan teruji jika Anies-Sandi menerapkan sistem transparansi sebagaimana sudah dilakukan tiga gubernur sebelumnya, Jokowi, Ahok dan Jarot.

Akankah keinginan warga Jakarta ini kelak terwujud selama masa kepemimpinan Anies-Sandi? SELAMAT BEKERJA ANIES-SANDI.

Editor: Elnoy


Berita Terkait

Tajuk

Quo Vadis Yudhoyono Institute?

Jumat, 11 Agustus 2017
Tajuk

Pemimpin Kontekstual

Kamis, 19 Oktober 2017

Komentar