Ketut Rochineng, Baru Satu Langkah di Panggung Politik

Selasa, 03 September 2019 | 18:37 WIB
Share Tweet Share

I Ketut Rochineng. [foto: humas dprd bali]

[DENPASAR, INDONESIAKORAN.COM] Sebanyak 55 anggota DPRD Provinsi Bali periode 2019-2024 dilantik dan diambil sumpah janjinya di Gedung DPRD Provinsi Bali, Senin (2/9/2019). Dari 55 anggota dewan tersebut, 24 orang di antaranya merupakan pendatang baru.

Dari 24 wajah baru tersebut, satu di antaranya adalah Dr I Ketut Rochineng, SH, MH. Pada Pemilu Legislatif 2019 lalu, Rochineng tampil sebagai calon anggota DPRD Provinsi Bali Dapil Buleleng dari PDIP. Pria kelahiran 10 September 1958 ini lolos meyakinkan dengan raihan 25.016 suara.

Ditemui usai pelantikan, Rochineng mengatakan, lolos menjadi wakil rakyat di Renon merupakan langkah perdananya di panggung politik. Maklum, sebelum tampil sebagai calon anggota legislatif pada Pemilu Legislatif 2019, Rochineng merupakan seorang aparatur sipil negara (ASN).

"Ini baru satu langkah di politik. Dulu kan saya di birokrasi, dan sekarang baru politik," kata Rochineng, yang juga artis pop Bali ini.

Karena baru, Rochineng tak mau berbicara banyak tentang target ke depan. Menurut dia, saat ini dirinya hanya ingin fokus mengabdikan diri kepada masyarakat, sebagaimana janji saat masa kampanye Pemilu Legislatif lalu.

"Intinya saya ingin mengabdi kepada masyarakat. Saya ingin membantu masyarakat dalam upaya meningkatkan kesejahteraan. Apalagi masyarakat yg daerah saya, Buleleng, yang memang masih banyak yang dikategorikan kurang mampu," tuturnya.

Soal kecenderungan untuk duduk di komisi apa nantinya di lembaga dewan, Rochineng lebih ingin menempati komisi yang membidangi aturan dan pemerintahan.

Kecenderungan ini tidak berlebihan. Sebab Rochineng berlatarbelakang birokrasi. Rochineng pernah duduk sebagai Sekretaris Dinas Kehutanan Provinsi Bali serta Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Bali. Bahkan tahun 2018 lalu, Rochineng dilantik sebagai Penjabat Bupati Gianyar.

Bukan itu saja, Rochineng juga merupakan Doktor Ilmu Hukum lulusan Universitas Udayana. Rochineng juga dikenal masyarakat luas sebagai artis pop Pulau Dewata.

"Kalau bicara kecenderungan, tentu di Komisi I yang membidangi pemerintahan dan peraturan perundang-undangan. Tetapi semua kembali pada penugasan partai. Kita siap ditugaskan di mana saja," tandas mantan Penjabat Bupati Gianyar ini.

IMG_20190903_193441

Riwayat Singkat
Nama Lengkap: Dr I Ketut Rochineng, SH, MH
Lahir: Desa Petemon, 10 September 1958
Agama: Hindu
Istri: Ni Made Sri Ardiani, S.Pd
Pendidikan:
SDN 1 Desa Petemon
SDN 2 Bubunan
SMPN 1 Seririt
SMAN 1 Seririt
Fakultas Hukum Universitas Ngurah Rai
Pasca Sarjana S2 Fakultas Hukum Universitas Ngurah Rai
Pasca Sarjana S3 Universitas Udayana
Karir di Pemerintahan:
Sekretaris Dinas Kehutanan Provinsi Bali (2008-2009)
Kepala BKD Provinsi Bali (2009-2018)
Penjabat Bupati Gianyar (2018)
Partai Politik: PDI Perjuangan
Karir Politik: Anggota DPRD Provinsi Bali Periode 2019-2024

Editor: San Edison


Berita Terkait

Komentar