Serap Aspirasi, Anis Berdialog Dengan Pelaku UMKM di Jakarta Timur

Minggu, 05 Juli 2020 | 22:11 WIB
Share Tweet Share

dialog

[JAKARTA, INDONESIAKORAN.COM]-- Waktu luang dimanfaatkan politisi senior Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPR RI, Dr Hj Anis Byarwati meninjau sejumlah pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kecematan Jatinegara, Pulogadung dan Cipayung, Jakarta Timur akhir pekan ini.

Dalam kesempatan itu, Anis yang menjadi wakil rakyat di DPR RI dari Dapil Jakarta Timur berdialog dengan sejumlah pelaku UMKM di wilayah yang dia kunjungi seputar kendala, peluang dan apa yang menjadi tantangan mereja dalam menjalankan usahanya seperti usaha kue kering (Shofi Grup), roti cane, pempek, usaha frozen food,

Di Kecamatan Jatinegara misalnya, Anis mengunjungi Usaha Halal Mart yang menjual berbagai produk rumahan dan produk herbal kesehatan. Di Kecamatan Cipayung, Anis meninjau Usaha Tahu Pedas, Siomay dan Batagor Ibu Fatma, serta minuman Jahe Merah Mbah Muniroh. Anis mendengarkan para pelaku UMKM menceriterakan awal merintis usaha, perjalanan, kualitas dan variasi produk, sarana dan prasarana produksi, pemasaran sampai rencana pengembangan usaha.

Anis, tampak serius mendengarkan dan menyerap apa yang menjadi aspirasi dan kendala dari pelaku UMKM yang ditemui. Dalam kesempatan dialog itu, Anis menyampaikan banyak masukan termasuk program kemitraan Komisi XI yang diharapkan dapat membantu pelaku UMKM dalam pengadaan alat produksi, penguatan mutu, peningkatan kapasitas produksi dan perluasan pemasaran.

Program Kemitraan yang di inisiasi Anis ini diharapkan dapat menjadikan UMKM di Jakarta Timur berkembang lebih baik dan menyerap lapangan kerja bagi masyarakat di sekitar lokasi. Ibu Yusnaini, Fatimah, Mbah Muniroh pelaku UMKM yang ditemui Anis misalnya, menyampaikan kegembiraan dan terima kasih mendapatkan kunjungan Anggota Dewan yang langsung mendengar perjalanan usaha dan bersedia membantu mengembangkan usaha mereka melalui program kemitraan.

Menurut Anis, UMKM semacam ini harus didukung dan dibina dengan baik, apalagi pada saat kondisi ekonomi yang memburuk saat ini. Kelompok ini terbukti tahan terhadap goncangan krisisi ekonomi. Selain itu, UMKM ini dapat menyerap lapangan kerja dari masyarakat sekitar. Anis mengunjungi dengan detail sampai ke dapur produksi, mencicipi produk, dan tak lupa menyempatkan untuk membeli produk-produk UMKM yang dikunjunginya. [A/3]

Editor: Akhir Tanjung

Tag:

Berita Terkait

Komentar