Pengamat: Perkuat Konsolidasi, Pemilu 2024 Hanura Kembali ke Senayan

Kamis, 23 Januari 2020 | 22:10 WIB
Share Tweet Share

Pengamat Politik Maksimus Ramses Lalongkoe

[JAKARTA, INDONESIAKORAN.COM] Formasi kepengurusan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) 2019-2024 di bawah kepemimpinan Oesman Sapta Odang alias OSO mengusung semangat memperjuangkan cita-cita Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 1945.

Oleh karena itu, formasi kepengurusan dibentuk sesuai dengan tanggal, bulan, dan tahun kemerdekaan 17-8-1945. “Jadi kepengurusan nanti adalah 17 pengurus harian, 8 koordinator wilayah, dan 45 bidang,” kata Ketua Panitia Pengukuhan Kepengurusan DPP Partai Hanura Benny Rhamdani di JCC, Senayan, Jakarta, Kamis (23/1).

Menanggapi formasi ini, Pengamat Politik Maksimus Ramses Lalongkoe menilai, formasi yang dilakukan pengurus Hanura periode 2019-2024 dengan semangat Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia melambangkan suatu semangat yang memberikan harapan baru terhadap perjalanan partai Hanura. 

"Nama formasinya menarik sekali 17-8-45 yang menggambarkan semangat Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia dan formasi itu merupakan suatu lambang yang memberikan harap baru dalam perjalanan partai Hanura," kata Ramses di Jakarta, Kamis, (23/1/2020).

Menurut Ramses, bila kepengurusan DPP periode 2019-2024 mampu melakukan konsolidasi internal dan menggerakan roda organisasi partai secara sistematis bukan tak mungkin Pemilu 2024 kembali masuk ke Senayan. 

"Kalau kepengurusan DPP periode 2019-2024 sekarang mampu melakukan konsolidasi internal dan menggerakan roda organisasi partai secara sistematis bukan tak mungkin Pemilu 2024 nanti bisa kembali masuk ke Senayan," ujar Ramses.

Diketahui, Partai Hanura akan mengukuhkan pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) periode 2019-2024 pada Jumat (24/1). Gede Pasek Suardika ditunjuk Ketua Umum Hanura Oesman Sapta Odang (OSO) menjadi Sekjen Hanura.

"Ini adalah puncak dari rangkaian kegiatan partai. Pertama apa yang sudah dilakukan oleh Partai Hanura untuk memenuhi asas demokrasi dan mandat konstitusi dalam hal pemilihan Ketua Umum DPP Partai Hanura untuk lima tahun ke depan," kata Ketua Panitia Benny Ramdhani di Hall JCC Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (23/1/2020).

Benny mengungkapkan satu jabatan pengurus yang telah diisi. OSO menunjuk Gede Pasek Suardika, mantan politikus Partai Demokrat (PD), menjadi Sekjen Hanura.

"Kami tentu belum tahu persis siapa yang besok akan ditetapkan. Yang sudah terekspos tentu baru Sekjen, yaitu Pak Gede Pasek, yang dipilih, ditetapkan oleh formatur tunggal Bapak Oesman Sapta," ucap Benny.

Untuk jabatan kepengurusan lainnya, Benny masih merahasiakan. Namun dia sedikit membocorkan jumlah pengurusan harian, koordinator wilayah, dan bidang.

"Tapi unsur-unsur kepengurusan lainnya itu masih bersifat rahasia. Kalau ditanya kepada kami, pasti kami tidak bisa menjawab, kecuali satu hal, yang paling menarik adalah Ketua Umum sudah memberikan sinyal bahwa formasi kepengurusan adalah mencerminkan kebulatan tekad Hanura konsisten tegak lurus Partai Hanura untuk memperjuangkan cita-cita proklamasi, yaitu 17 Agustus 1945," ujar Benny.

"Jadi kepengurusannya bocorannya adalah 17 harian, 8 koordinator wilayah, dan 45 bidang. Yang harian itu ketua umum, para wakil ketua umum, sekjen, wakil sekjen, bendahara umum, dan wakil bendahara umum," sambungnya.

Direncanakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wapres Ma'ruf Amin akan turut hadir dalam acara pengukuhan pengurus Hanura ini. Selain itu, para menteri kabinet, duta besar, dan para ketua umum partai lainnya.

Editor: Fadli


Berita Terkait

Politik

Pembahasan RUU MD3 Kembali Deadlock

Selasa, 06 Juni 2017
Politik

Angket KPK Tak Lebih Dari Modus Politik  

Jumat, 23 Juni 2017
Politik

Prabowo Ingin Bersekutu dengan Kekuatan SBY

Sabtu, 29 Juli 2017

Komentar