Jazuli: Anggota Fraksi PKS Sumbangkan Gaji Buat Korban Gempa Maluku

Selasa, 19 November 2019 | 12:02 WIB
Share Tweet Share

gempa

[JAKARTA, INDONESIAKORAN.COM]-- Gaji pertama seluruh anggota Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPR RI bakal diserahkan untuk para korban gempa di Provinsi Maluku yang terjadi secara beruntun lima hari belakangan ini.

Ketua Fraksi PKS DPR RI, Jazuli Juwaini bersama anggota Fraksi PKS DPR RI Dapil Provinsi Maluku, Saaidah Uluputty dan Nasir Jamil dari Dapil I Provinsi Aceh tengah mengunjungi para korban gempa di Provinsi Kepulauan yang kaya rempah-rempat tersebut.

Saat mengunjungi korban gempa, Senin (18/11), Jazuli bersama rombongannya mengunjungi para korban gempa dan sejumlah lokasi terdampak gempa Maluku. Rombongan didampingi Wakil Ketua DPRD Provinsi Maluku, Abdul Aziz, Ketua dan Anggota Fraksi PKS DPRD Provinsi Maluku. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Maluku atas perintah Gubernur juga ikut mendampingi rombongan.

Lokasi yang dikunjungi antara lain tempat pengungsian Puncak Bumbun Neg Liang (Kabupaten Maluku Tengah), sekolah swasta dan negeri darurat (bertemu Kadis Pendidikan dan para kepala sekolah yang sekolahnya roboh), rumah sakit darurat, serta gereja yang digunakan menampung pengungsi.

"Kedatangan Fraksi PKS DPR ke sini mengunjungi bapak, ibu, saudara dan anak-anak untuk menunjukkan empati dan kepedulian kami karena Fraksi PKS cinta kepada warga Maluku yang saat ini terkena musibah dan sebagian masih tinggal di pengungsiaan," kata Jazuli dalam sambutannya seperti yang disampaikan melalui WhatsApp (WA) kepada Indonesiakoran.com, Selasa (19/11) siang.

Di depan para pengungsi tedampak gempa, Jazuli menyampaikan salam dari Ketua Majelis Syuro dan Presiden PKS. "Salam cinta dari Ketua Majelis Syuro PKS Habib Dr H Salim Segaf Aljufri dan Presiden PKS H M Shohibul Iman. Insya Allah PKS akan berusaha membantu masyarakat Maluku semaksimal dan sesuai kewenangan," kata anggota Komisi I DPR RI ini.

Jazuli, Saadiah Uluputty dan Nasir atas nama Fraksi PKS DPR RI menyerahkan sejumlah dana/bantuan yang merupakan gaji DPR RI pertama periode baru ini untuk membantu para korban dan proses rehabilitasi.

Sebelum bantuan dari Fraksi PKS DPR RI Datang, bantuan baik dana, logistik, maupun tenaga (relawan) telah dihimpun dari kader-kader PKS dari Maluku maupun luar daerah Maluku.

Jazuli mengajak semua elemen bangsa membantu saudara-saudara sebangsa yang tertimpa musibah di berbgai tempat khususnya di Maluku.

"Gotong royong, kesetiakawanan dan kerelawanan adalah budaya bangsa kita. Mari tumbuhkan kesadaran saling membantu saudara sebangsa yang terkena musibah. Dari sana muncul banyak keberkahan, diantaranya semakin kuatnya persatuan dan kesatuan diantara kita," ungkapnya.

Insya Allah, kata wakil rakyat dari Dapil Provinsi Banten tersebut, PKS nakal terus berikhtiar merekat ke-Indonesiaan dengan semangat saling peduli dan membantu saudara-saudara yang terkena musibah di mana pun mereka berada. "Semoga Allah ridho dan jauhkan negeri ini dari marabahaya. Allah ringankan ujian masyarakat yang terkena musibah. Amiin," doa Jazuli.

Dorong Respon Cepat dan Tepat Pemerintah

Pada kesempatan tersebut, Jazuli juga menyampaikan harapannya agar Pemerintah Pusat dan Daerah merespon dengan cepat dan tepat. Pemerintah dan Pemda harus cepat melakukan tanggap darurat, menolong masyarakat terdampak serta dalam melakukan rehabilitasi dan rekonstruksi pasca gempa.

"Kami ingin pastikan agar logistik kebutuhan dasar para korban khususnya yang tinggal di tempat-tempat pengungsian terpenuhi. Untuk itu pemerintah harus memiliki data akurat dan respon yang cepat dan tepat dalam mengkoordinir dan mendistribusikan bantuan.

Tahap berikut rehabilitasi lingkungan dan rekonstruksi berbagai fasilitas publik termasuk rumah sakit, sekolah, pasar, jalan-jalan dan seterusnya," demikian Jazuli Juwaini. [A/3]

Editor: Akhir Tanjung

Tag:

Berita Terkait

Komentar