Muluskan Langkah AMD, Togar Situmorang Gencar Lobi Parpol

Senin, 07 Oktober 2019 | 21:41 WIB
Share Tweet Share

Tokoh Puri Tegal Denpasar Dr Anak Agung Ngurah Manik Danendra, SH, MH, MKn (tengah) bersama Plt Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Bali Gde Sumarjaya Linggih (kanan) dan Ketua Tim Pemenangan AMD Dr (C) Togar Situmorang, SH, MH, MAP (kiri). [foto: istimewa]

[DENPASAR, INDONESIAKORAN.COM] Advokat senior Dr (C) Togar Situmorang, SH, MH, MAP, mendapatkan tugas khusus dari Plt Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Bali Gde Sumarjaya Linggih, untuk mengantarkan tokoh Puri Tegal Denpasar Dr Anak Agung Ngurah Manik Danendra, SH, MH, MKn, sebagai calon wali kota Denpasar pada Pilkada Denpasar 2020 mendatang.

Didaulat sebagai ketua Tim Pemenangan Agung Manik Danendra (AMD), Togar Situmorang pun langsung tancap gas. Fokus meraih bintang dengan mengantarkan AMD sebagai calon wali kota Denpasar, adalah target awal. Selanjutnya, diharapkan AMD memenangkan Pilkada Kota Denpasar 2020, dan bisa menakhodai jantung Bali ini.

Bertempat di sebuah coffee shop di Denpasar, Senin (7/10/2019), advokat yang baru saja meraih penghargaan Indonesia Most Leading Award 2019 sebagai The Most Leading Lawyer in Satisfactory Performance of The Year ini melakukan pertemuan dengan sejumlah pimpinan partai politik di Bali. Seperti Partai NasDem, PSI, Partai Hanura, serta Partai Perindo.

Secara umum, para pimpinan partai politik yang hadir menyatakan kesiapan untuk mendukung langkah AMD tampil sebagai calon wali kota Denpasar.

Ketua DPD Partai NasDem Kota Denpasar, I Dewa Nyoman Budiasa, misalnya secara pribadi menyampaikan bahwa dirinya sangat mendukung AMD untuk maju sebagai calon wali kota Denpasar dalam Pilkada Serentak 2020.

"Yang penting kita memilih pemimpin yang diinginkan oleh masyarakat," kata Dewa Budiasa.

Hal tak jauh berbeda dilontarkan Gede Eka Wijaya Patriana, ketua DPD PSI Kota Denpasar. Partai yang dikenal dengan kader-kader millenialnya itu juga mendukung apabila sosok AMD nantinya menjadi kandidat yang akan maju pada Pilkada Kota Denpasar 2020.

"Yang pasti, AMD harus mau mencari dan menggali apa masalah-masalah yang sering dihadapi oleh warga Denpasar, hingga keluhan-keluhan warga Denpasar tersebut nantinya bisa menjadi visi dan misi serta prioritas yang harus dikerjakan apabila AMD nantinya terpilih," tandas Gede Eka Wijaya Patriana.

IMG_20191007_224105

Sedangkan Ketua DPC Partai Hanura Kota Denpasar Made Kartika, secara pribadi mengapresiasi AMD yang maju sebagai calon wali kota Denpasar. Apalagi AMD adalah temannya semasa duduk di bangku kuliah.

"Kami akan merasa bangga apabila AMD, teman satu almamater, nanti berhasil menjadi wali kota Denpasar," tutur Made Kartika.

IMG_20191007_224046

Adapun Sekretaris DPW Partai Perindo Provinsi Bali, Nyoman Widana, juga menyatakan komitmen untuk mendukung penuh untuk AMD. Meskipun Partai Perindo tidak mendapat kursi di DPRD Kota Denpasar, Nyoman Widana memastikan bahwa hampir ribuan pemilih yang memilih partai besutan Hary Tanoesoedibjo itu akan memberikan dukungan untuk AMD.

Bahkan untuk media massa, Partai Perindo juga siap mendukung penuh AMD. Sebab Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo, memiliki beberapa media-media besar dan ternama.

"Yang pasti apabila kendaraan politik nantinya sudah terbentuk, kita coba atur waktu bertemu dengan Pak Ida Bagus Rai Mantra (wali kota Denpasar, red), untuk meminta restu sekaligus membicarakan maksud dan tujuan AMD bersama partai politik pengusung dan pendukung," ujar Nyoman Widana.

Terkait pertemuan dengan pimpinan partai politik ini, Togar Situmorang mengatakan, pihaknya memang akan mencoba mengajak sejumlah partai politik untuk bersama-sama mendukung langkah AMD menuju kursi Denpasar 1.

"Beberapa partai politik yang sudah kita temui dan ajak berdiskusi, kira - kira itulah gambaran partai politik yang kita coba rangkul untuk membentuk koalisi dan menjagokan AMD untuk Pilkada Kota Denpasar 2020," tandas Managing Partner Law Office Togar Situmorang & Associates yang beralamat di Jalan Tukad Citarum Nomor 5A Renon Denpasar dan Jalan Gatot Subroto Timur Nomor 22 Denpasar, itu.

IMG_20191007_224028

Disinggung soal partai politik lainnya, Togar Situmorang yang masuk daftar 100 Advokat Hebat versi Majalah Property&Bank, ini menjelaskan, pihaknya juga sedang membangun komunikasi. Salah satunya adalah Partai Demokrat.

"Kalau untuk Partai Demokrat, saya sudah bertemu dengan Ketua DPD (Made Mudarta), tetapi belum sempat ngobrol banyak karena Pak Made Mudarta tadi buru-buru karena ada agenda lain. Nanti kita akan atur kembali jadwal untuk membahas hal ini," jelas Togar Situmorang, yang terdaftar dalam penghargaan Best Winners - Indonesia Business Development Award.

Adapun untuk Partai Gerindra, Togar Situmorang mengaku, secara pribadi dirinya sudah sempat melakukan komunikasi via telepon dengan Ketua DPC Partai Gerindra Kota Denpasar Made Muliawan Arya yang akrab disapa De Gadjah. Secara pribadi, wakil ketua DPRD Kota Denpasar itu siap mendukung AMD.

"Jadi secara umum para ketua-ketua partai politik di Denpasar siap mendukung AMD untuk maju menjadi calon wali kota Denpasar. Mereka meminta AMD untuk segera mengikuti proses penjaringan calon di internal partai masing-masing," beber Togar Situmorang, yang terdaftar dalam penghargaan Indonesia 50 Best Lawyer Award 2019.

Untuk selanjutnya, kata dia, pihaknya menyerahkan kepada masing-masing partai politik. Apalagi setiap partai memiliki ketentuan sekaligus mekanisme masing-masing di internal dalam proses penentuan hingga pengusungan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah.

"Kita hargai proses di internal masing-masing partai politik. Termasuk mengenai putusan finalnya nanti seperti apa, kita hormati," tutur Togar Situmorang, yang juga Dewan Penasehat Forum Bela Negara Provinsi Bali dan Ketua Komite Hukum RSU dr Moedjito Dwidjosiswojo Jombang, Jawa Timur, ini.

Ia sendiri secara pribadi berharap, pertemuan ini menjadi langkah awal untuk mendapatkan hasil yang baik. Apalagi dengan hadirnya AMD, tokoh milenial yang mempunyai visi dan misi berbeda dengan pemimpin lainnya, diyakini Togar Situmorang akan membawa perubahan menuju Kota Denpasar yang lebih baik ke depan.

"Kita berharap Denpasar Asri, Mandiri, Damai (AMD), berwawasan budaya dan berintegritas, demi kemakmuran rakyat. Kita bekerja untuk rakyat. Karena seperti slogan Golkar sebagaimana selalu disampaikan Plt Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Bali Gde Sumarjaya Linggih, bahwa 'Suara Golkar Suara Rakyat',” pungkas Togar Situmorang, yang dijuluki Panglima Hukum ini.

Editor: San Edison


Berita Terkait

Komentar