Yos Nggarang Siap Kombinasikan Pariwisata dan Pertanian

Rabu, 18 September 2019 | 22:52 WIB
Share Tweet Share

Yosef Sampurna Nggarang (dua dari kiri) usai mendaftar ke Sekretariat DPC PDIP Kabupaten Manggarai Barat. [foto: istimewa]

[LABUAN BAJO, INDONESIAKORAN.COM] Sekretaris Jenderal (Sekjend) Pergerakan Kedaulatan Rakyat (PKR) Yosef Sampurna Nggarang, resmi mendaftar sebagai bakal calon bupati Manggarai Barat, di Sekretariat DPC PDIP Kabupaten Manggarai Barat, Rabu (18/9/2019) siang.

Kepada wartawan usai mendaftar, Yos Nggarang membeberkan misi besarnya dalam membangun Manggarai Barat ke depan. Salah satunya, ia ingin mewujudkan Manggarai Barat sejahtera dengan mengombinasikan sektor pariwisata dan pertanian.

Baca Juga:
Yos Nggarang Resmi Mendaftar Sebagai Bacabup Manggarai Barat

Menurut dia, sangat penting untuk mengawinkan dua sektor ini di Manggarai Barat. Pasalnya, mayoritas masyarakat setempat bermata pencaharian sebagai petani. Sementara di sisi lain, belakangan ini sektor pariwisata didorong menjadi lokomotif perekonomian Manggarai Barat.

“Orang mengenal Labuan Bajo sebagai daerah pariwisata. Bukan saja secara nasional, tapi internasional. Jadi saya mau kue pariwisata ini dinikmati juga oleh orang Manggarai Barat. Saya tidak ingin kita menjadi penonton saja,” tutur Yos Nggarang.

IMG_20190919_000336

Agar sektor pariwisata benar-benar dinikmati oleh orang Manggarai Barat secara umum, kata dia, maka salah satu caranya adalah dengan mengombinasikan pariwisata dan pertanian.

“Pariwisata Labuan Bajo itu akan dinikmati masyarakat lokal kalau ada kombinasi yang bagus antara pariwisata dan pertanian. Pertanian itu subjeknya jelas adalah masyarakat," ucapnya.

IMG_20190919_000311

Kombinasi ini nantinya akan ditelurkan dalam bentuk program. Programnya perlu dikonsepkan secara matang. Misalnya kecamatan tertentu disiapkan khusus untuk menyuplai sayur, kecamatan lainnya untuk buah, dan ada pula kecamatan yang khusus memasok ternak.

"Semua berbicara konsep, jangan menengah, jangka panjang. Jadi ke depan, kita belajar dari Bali yang sekarang kan baru 50 persen memenuhi pasar pariwisata Bali dari buah lokal atau pertanian-pertanian lokal,” tandas Yos Nggarang.

IMG_20190919_000239

Ia juga menginginkan agar makanan-makanan bagi wisatawan yang berkunjung ke Labuan Bajo, merupakan pangan-pangan lokal atau pertanian lokal orang Manggarai.

“Saya pikir dengan begitu masyarakat kita ikut ambil bagian dalam menikmati kue pariwisata ini,” pungkas Yos Nggarang.

Reporter: Itho Umar
Editor: San Edison


Berita Terkait

Komentar