Tantangan Berat Era Kepemimpinan Jokowi, NasDem Pertegas Dukungan

Rabu, 10 Juli 2019 | 08:34 WIB
Share Tweet Share

Ketua DPW Partai NasDem Provinsi Bali Ida Bagus Oka Gunastawa bersama Presiden Jokowi. [foto: istimewa]

[JAKARTA, INDONESIAKORAN.COM] Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh, bersama pengurus dan Ketua DPW Partai NasDem se-Indonesia, bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi), di Istana Bogor, 8 Juli lalu.

Menurut Ketua DPW Partai NasDem Provinsi Bali Ida Bagus Oka Gunastawa, suasana pertemuan tersebut benar-benar hangat. Selain penyampaian Surya Paloh dan sambutan Jokowi, pertemuan tersebut juga diisi dengan sesi foto bersama hingga jamuan makan bersama dengan menu seperti bakso, sate ayam, lontong dan siomai.

Dalam paparannya di hadapan Jokowi, menurut Oka Gunastawa, Surya Paloh menyebut bahwa periode kepemimpinan Jokowi menghadapi tantangan kebangsaan yang sangat berat. Karena itu, Partai NasDem mempertegas dukungannya kepada Jokowi.

"Partai NasDem menjadi garda depan dalam menghadapi persoalan-persoalan bangsa yang menjadi tanggung jawab Presiden Joko Widodo. Jokowi tidak akan pernah sendiri, karena ada NasDem di sana," ujar Oka Gunastawa, yang ikut menghadiri pertemuan tersebut, saat dikonfirmasi di Denpasar, Selasa (9/7/2019).

Surya Paloh, imbuhnya, juga banyak memberikan masukan untuk periode kedua pemerintahan Jokowi. Surya Paloh ingin agar Jokowi bersama Ma'ruf Amin lebih fokus menerapkan revolusi mental.

Jargon ini sebenarnya sudah disuarakan oleh Jokowi sejak kampanye Pilpres 2014 lalu. Hanya saja, pemerintah justru lebih banyak fokus pada pembangunan infrastruktur fisik selama lima tahun terakhir.

"Pak Surya Paloh menyitir bagaimana soal revolusi mental, restorasi Indonesia harus menjadi fokus periode kedua ini. Karena ini menjadi komitmen kita. Benang merah antara program Jokowi dan platform perjuangan Partai NasDem," urai Oka Gunastawa.

Dalam pertemuan tersebut, Partai NasDem dan Jokowi sama sekali tidak membahas soal kursi menteri. Partai NasDem menyerahkan sepenuhnya kepada Jokowi dalam menyusun kabinet.

Merespon paparan Surya Paloh, Jokowi memberikan apresiasi kepada Partai NasDem atas kerja keras seluruh pengurus di masing-masing daerah pada Pilpres 2019. Apalagi Partai NasDem justru lebih fokus memenangkan Pilpres ketimbang kemenangan Partai NasDem pada Pileg.

"Bapak Jokowi secara khusus menyampaikan terima kasih kepada Partai NasDem yang tidak diragulan lagi totalitasnya, baik dalam pemenangan dua kali Pilpres yang konsisten mengusung Bapak Jokowi, maupun bekerja keras dalam mendukung jalannya roda pemerintahan," jelas Oka Gunastawa.

Editor: San Edison


Berita Terkait

Komentar