KPU Bali Siapkan Bukti Hadapi PHPU di MK

Selasa, 11 Juni 2019 | 09:22 WIB
Share Tweet Share

Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Bali, AA Gede Raka Nakula. [foto: indonesiakoran.com/san edison]

[DENPASAR, INDONESIAKORAN.COM] Sidang pendahuluan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi (MK) dijadwalkan berlangsung tanggal 14 Juni mendatang.

Mengingat ada dua partai politik peserta Pemilu 2019 yang melayangkan gugatan untuk wilayah Bali, masing-masing Partai Gerindra dan Partai Berkarya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bali sudah menyiapkan bukti untuk menghadapi PHPU ini.

"Kami sudah siap hadapi PHPU di MK. Kami bersama KPU Kabupaten/ Kota se-Bali sudah menyiapkan alat - alat bukti untuk menghadapi gugatan tersebut," kata Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Bali, AA Gede Raka Nakula, di sela-sela persiapan alat bukti dimaksud, di Kantor KPU Bali, Senin (10/6/2019).

Menurut dia, ada empat (4) alat bukti yang sudah disiapkan KPU Bali untuk menghadapi PHPU khusus Pemilu Presiden 2019.

Keempatnya masing-masing adalah TB (daftar pemilih), TC (sosialisasi dan kampanye), TD (rekapitulasi pemungutan dan penghitungan suara) serta TE (hal - hal yang tidak berkaitan dengan rekapitulasi pemungutan dan penghitungan suara).

"Jadi semua bukti sudah kita siapkan. Astungkara, besok (Selasa, red) bukti - bukti tersebut kami serahkan kepada KPU RI di Jakarta," ujar Nakula, yang juga mantan Ketua KPU Kabupaten Badung.

Nakula bersama Ketua KPU Bali I Dewa Gede Agung Lidartawan, dijadwalkan mengantarkan langsung bukti - bukti ini ke Jakarta, untuk diserahkan ke KPU RI.

Editor: San Edison


Berita Terkait

Komentar