PDIP Menang Besar di Bali, Koster: 5 Kursi DPR RI, 30 Kursi DPRD Bali

Kamis, 18 April 2019 | 21:09 WIB
Share Tweet Share

Ketua DPD PDIP Provinsi Bali Wayan Koster. [foto: indonesiakoran.com/san edison]

[DENPASAR, INDONESIAKORAN.COM] Kemenangan besar pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden RI Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin (Jokowi-Amin) di Pulau Dewata pada Pemilu Presiden 2019, memberikan efek besar bagi perolehan kursi PDIP pada Pemilu Legislatif 2019 yang dihelat bersamaan.

Bahkan melihat data sementara yang masuk, Ketua DPD PDIP Provinsi Bali Wayan Koster meyakini bahwa "banteng" menang besar di Pulau Dewata.

"Kalau melihat data yang masuk sekarang, untuk DPR RI itu 5 kursi yakin saya. Naik satu kursi dari hasil Pemilu Legislatif 2014 lalu. Bahkan ada kemungkinan jadi 6 (kursi DPR RI)," kata Koster, saat memberikan keterangan pers di Gedung Jaya Sabha Denpasar, Bali, Kamis (18/4/2019).

Seperti diketahui, pada Pemilu Legislatif 2014, PDIP sukses merebut 4 dari total 9 jatah kursi DPR RI untuk Dapil Bali. Sisanya 5 kursi, masing-masing direbut Partai Golkar dan Partai Demokrat masing-masing 2 kursi dan Partai Gerindra 1 kursi.

Hanya saja, dengan lonjakan perolehan suara PDIP pada Pemilu Legislatif 2019 ini, komposisi kursi dari Bali ke Senayan, kemungkinan ikut berubah.

Tak hanya kursi DPR RI. Komposisi kursi di DPRD Provinsi Bali, juga diyakini Koster ikut berubah. Menurut dia, apabila pada Pemilu Legislatif 2014 lalu PDIP hanya merebut 24 dari total 55 kursi DPRD Provinsi Bali, maka pada Pemilu Legislatif 2019 ini PDIP akan meraih 30 kursi DPRD Provinsi Bali.

"Untuk (DPRD) Provinsi Bali, saya yakin bisa 30 kursi. Sekarang kan hanya 24 kursi. Jadi ada peningkatan 6 kursi. Di kabupaten dan kota juga sama, terjadi peningkatan," ujar Koster.

Editor: San Edison


Berita Terkait

Komentar