Jadi Relawan Pemantau, KMHDI Siap Kawal Pemilu Serentak 2019

Sabtu, 13 April 2019 | 19:55 WIB
Share Tweet Share

Ilustrasi

[JAKARTA, INDONESIAKORAN.COM] Ketua Presidium Pimpinan Pusat Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (PP KMHDI) I Kadek Andre Nuaba, menyebut, organisasi yang dipimpinnya itu terakreditasi sebagai relawan pemantau Pemilu di Bawaslu RI.

Bagi Andre, ini merupakan salah satu langkah untuk menjalankan dharma negara, dengan menyukseskan jalannya Pemilu Serentak 2019. Untuk mewujudkan Pemilu yang demokratis, kata dia, KMHDI siap mengawal jalannya Pemilu di 20 provinsi di Indonesia.

"17 April 2019 merupakan pesta demokrasi bagi rakyat Indonesia. Kita akan mengerahkan seluruh cabang KMHDI yang ada di 20 provinsi, untuk memastikan Pemilu kali ini berjalan secara demokratis," tutur Andre, di Jakarta, Sabtu (12/4/2019).

Pesta demokrasi ini, imbuhnya, merupakan pesta rakyat. Karena itu, semua elemen masyarakat Indonesia harus ikut terlibat di dalamnya.

"Anggaran Pemilu yang mencapai Rp25 triliun itu sangat fantastis. Jumlah ini meningkat 61 persen dibandingkan Pemilu 2014. Kita harus mengawal ini bersama, semua elemen masyarakat harus ikut mengawal pesta demokrasinya," ujar Andre.

Fokus pemantauan KMHDI, demikian Andre, ada pada tiga tahapan Pemilu, yakni kampanye, pemungutan suara dan perhitungan suara.

"Saat ini, KMHDI secara terus - menerus melakukan pemantauan pada tahapan kampanye, terutama untuk alat peraga kampanye dan kami juga sudah mempersiapkan alat pemantauan yang akan digunakan saat tahapan pemungutan dan perhitungan suara," bebernya.

KMHDI, diakui Andre, sangat siap untuk menyambut dan mengawal puncak acara dari pesta demokrasi Indonesia ini.

"Kami sudah menyiapkan semua yang dibutuhkan. Seluruh relawan sudah berkoordinasi dengan Bawaslu di daerah masing-masing. Ayo, kita kawal ini bersama, demokrasi Pancasila untuk Pemilu yang demokratis," pungkasnya.

Editor: San Edison


Berita Terkait

Politik

Ogah Nyaleg di Bali, Putu Artha Pilih Sulteng

Minggu, 04 Juni 2017
Politik

Yusril Tegaskan Siap Jadi Capres

Kamis, 22 Juni 2017

Komentar