Togar Situmorang Komit Bela Rakyat Kecil Tanpa Imbalan

Kamis, 02 Agustus 2018 | 12:59 WIB
Share Tweet Share

Togar Situmorang. [foto: istimewa]

[DENPASAR] Nama Togar Situmorang, sudah tak asing lagi bagi para pencari keadilan di Bali. Sudah cukup banyak karya sosial putra Batak ini, dalam kapasitasnya sebagai pengacara.

Selaku "Panglima Hukum", Togar Situmorang memiliki keberanian dalam membela hak para pencari keadilan, khususnya mereka yang lemah dan terkendala secara ekonomi dalam menghadapi perkara.

Pemilik Law Firm Togar Situmorang & Associates ini memiliki komitmen yang tegas, membela rakyat kecil yang lemah dengan sepenuh hati tanpa mengharapkan imbalan. Ia konsisten memberikan bantuan hukum secara gratis dan mengedepankan sisi kemanusiaan.

"Fiat Justitia Ruat Caelum. Keadilan harus ditegakkan, walaupun langit akan runtuh," ucapnya, di Denpasar, Kamis (2/8/2018).

Salah satu bukti nyata keberpihakan Togar Situmorang adalah, ketika ia berdiri sebagai garda terdepan untuk melindungi hak rakyat Bali, yang rumahnya akan dieksekusi oleh Pengadilan Negeri Denpasar, beberapa waktu lalu.

Screenshot_2018-08-02-13-53-23_com.facebook.katana_1533189348371

Togar Situmorang saat membela hak masyarakat yang rumahnya akan dieksekusi oleh Pengadilan Negeri Denpasar, beberapa waktu lalu. [foto: istimewa]

Bukan itu saja, ia senantiasa meluangkan waktu bagi seluruh masyarakat Bali yang tengah memperjuangkan keadilan. Tak sekedar memberikan advokasi, Togar Situmorang juga pasang badan untuk membela hak mereka.

Menariknya, hal ini dilakukan Togar Situmorang, bukan sebagai upaya "membeli" suara jelang Pemilu Legislatif (Pileg) 2019. Pasalnya, Togar Situmorang tampil sebagai calon anggota DPRD Provinsi Bali Nomor Urut 7 dari Dapil Kota Denpasar melalui Partai Golkar.

"Ini tidak dalam rangka pencitraan. Ini murni saya lakukan dengan ketulusan hati saya. Ini soal kemanusiaan dan keadilan. Lagi pula, memberikan bantuan hukum secara gratis ini sudah lakukan sejak lama," tandas Togar Situmorang.

FB_IMG_1533188748913_1533189842771

Togar Situmorang saat berdiskusi tentang penyelesaian tindak pidana umum akibat penganiayaan. [foto: istimewa]

Apa yang dilontarkan Ketua Tim Hukum dan Advokasi Mantra-Kerta (Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra dan Ketut Sudikerta) pada Pilgub Bali 2018 ini, bukanlah isapan jempol. Sebab sudah sejak lama, Togar Situmorang memberikan bantuan hukum secara gratis kepada masyarakat kecil yang berurusan dengan masalah hukum.

Bukan hanya itu. Sudah banyak hal di bidang hukum dan advokasi yang telah dilakukan Togar Situmorang, yang saat ini tengah menyelesaikan Disertasi pada Program Doktoral (S-3) Ilmu Hukum Universitas Udayana (Unud).

Togar Situmorang juga banyak membantu pengurusan berbagai dokumen hukum, seperti pengurusan akta kelahiran bagi anak-anak yang belum mempunyai dokumen dimaksud.

Ia juga memberi perhatian besar pada pelaku UKM, dengan membantu pengurusan izin. Togar Situmorang bahkan cukup aktif menyosialisasikan tata cara pengurusan izin usaha pelaku UKM, sehingga mereka juga bisa mengakses bantuan dana pengembangan usaha yang telah disiapkan pemerintah bagi UKM yang sudah punya legalitas.

FB_IMG_1533188764444_1

Editor: San Edison


Berita Terkait

Komentar