Karangasem Memerah, Tianyar Siap Menangkan Koster-Ace

Senin, 16 April 2018 | 09:39 WIB
Share Tweet Share

Warga Desa Tianyar, Kecamatan Kubu, Karangasem, siap memenangkan Koster-Ace pada Pilgub Bali 2018. [foto: istimewa]

[DENPASAR] Militansi warga Kabupaten Karangasem, khususnya Kecamatan Kubu, dalam mendukung pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Bali Nomor Urut 1, Wayan Koster-Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati (Koster-Ace), pada Pilgub Bali 27 Juni 2018, benar-benar luar biasa.

Hal ini terekam saat Wayan Koster, menggelar kampanye dialogis di sejumlah titik di Kabupaten Karangasem, Minggu (15/4/2018).

Di Desa Culik, Kecamatan Abang misalnya, ribuan warga dari 14 desa menyempatkan diri hadir. Selanjutnya, Koster kembali menggelar temu wicara dengan warga di Banjar Tukad Abu, Desa Pakraman Batudawa Kelod, Kecamatan Kubu.

Di sini, antusiasme warga juga amat tinggi menghadiri simakrama dengan Wayan Koster.

Koster kemudian melanjutkan perjalanan menuju Desa Tianyar, Kecamatan Kubu. Belum sempat sampai lokasi, Koster dijemput oleh warga menggunakan mobil dan iring-iringan sepeda motor.

Mereka kemudian mengawal calon gubernurnya itu menuju lokasi. Di tempat acara, warga sudah menunggu calon gubernur yang diusung PDI Perjuangan, Hanura, PAN, PKPI, PKB dan PPP itu di Bale Banjar Persiapan Bukit Mangun.

Ribuan warga kembali membludak untuk berdialog dan menyatakan dukungan dengan Wayan Koster.

Di berbagai titik tersebut, Karangasem seperti memerah. Warga memang cukup antusias menyambut Wayan Koster yang mengikuti kontestasi Pilkada serentak 27 Juni 2018.

Di berbagai titik tersebut, Koster memaparkan program kerja yang akan dijalankannya dalam memimpin Bali kelak melalui konsep Nangun Sat Kerthi Loka Bali.

Pertama, pangan, sandang dan papan. Kedua, kesehatan dan pendidikan. Ketiga, jaminan sosial dan ketenagakerjaan. Keempat, adat, agama, tradisi, seni dan budaya. Kelima adalah pariwisata.

Dalam hal pendidikan, ia akan menggratiskan biaya pendidikan hingga tingkat atas. Koster juga akan akan membangun SMA unggulan seperti SMA Bali Mandara yang dibangun Made Mangku Pastika di Kubutambahan, Buleleng. Juga akan dibangun Akademi Komunitas sebagai pendidikan tingkat lanjut. Semua akan dijalankan secara gratis, bagi siswa berprestasi.

Sekolah dan Akademi Komunitas itu akan dibangun di atas lahan Pemprov Bali seluas 10 hektar di Tulamben.

Untuk program kesehatan, ia akan memberlakukan kembali Jaminan Kesehatan Bali Mandara (JKBM) yang diperbaiki di beberapa sektor dan terintegrasi secara online. Namanya akan diubah menjadi Krama Bali Sehat (KBS).

Untuk program bedah rumah, tetap akan dilanjutkan dengan nominal yang diperbesar dari Rp30 juta menjadi Rp50 juta per unit.

Selanjutnya, untuk sektor pariwisata Koster ingin menata kawasan Kubu, utamanya Tulamben secara keseluruhan.

"Kecamatan Kubu, khususnya Tulamben, akan dikembangkan obyek wisatanya. Apalagi Bandara Buleleng jadi dibangun. Nanti Kecamatan Kubu harus bersiap jadi daerah wisata. Efek pertumbuhan ekonominya akan meretas dan dirasakan warga di Karangasem," kata Koster.

Dalam kerangka itu, infrastruktur darat, laut dan udara juga tak lepas dari perhatiannya.

Di akhir acara kampanye dialogis, seperti biasa warga yang diwakili tokoh masyarakat Tianyar, seperti Ketut Dastra, Ketut Weda Astika dan Jro Mangku, menyatakan kebulatan tekad mendukung, memenangkan dan memilih Wayan Koster yang berpasangan dengan Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati (Koster-Ace) pada Pemilihan Gubernur Bali 27 Juni 2018. Bahkan, mereka menyatakan tidak akan memilih selain mencoblos Wayan Koster.

"Kami siap memenangkan Pak Wayan Koster. Kami yakin 95 persen suara di sini bisa diraih. Kami tegaskan sing Koster, sing milih," tegas Ketut Dastra.

Editor: San Edison


Berita Terkait

Komentar