Pengusaha Hotel Ini Merapat ke NasDem, Kenapa?

Jumat, 12 Januari 2018 | 21:38 WIB
Share Tweet Share

Matheus SN Siagian, salah satu pengusaha hotel dan restoran di Labuan Bajo (tiga dari kanan), bersama Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Manggarai Barat Edistasius Endi (dua dari kanan) dan jajaran pengurus. [foto: istimewa]

[LABUAN BAJO] Matheus SN Siagian, salah satu pengusaha hotel dan restoran di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, memutuskan bergabung dengan Partai NasDem.

Kamis (11/1/2018) sore, pengusaha keturunan Batak yang sudah lama berusaha di Labuan Bajo ini bertandang ke Kantor DPD Partai NasDem Kabupaten Manggarai Barat.

Matheus yang didampingi rekannya, diterima oleh Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Manggarai Barat Edistasius Endi serta Sekretaris Iren Surya, bersama jajaran pengurus.

Pada kesempatan tersebut, Matheus langsung mendaftarkan diri sebagai anggota Partai NasDem. Bukan itu saja, ia juga mengaku siap tampil sebagai calon anggota Legislatif (Caleg) dan bertarung pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019.

Lalu, mengapa pemilik Hotel Eco Tree dan Restaurant Tree Top ini memilih bergabung dengan Partai NasDem?

Ternyata, Matheus merasa terpanggil karena banyaknya masyarakat di NTT yang belum semuanya menikmati hasil dari pariwisata.

Ia merasa ada ketidakadilan dan ketimpangan akan dampak pariwisata yang ada di NTT, khususnya Labuan Bajo, terhadap warga yang ada di Labuan Bajo dan sekitarnya.

"Bayangkan saja, hotel-hotel, restoran, dan fasilitas pariwisata di Labuan Bajo ini berkembang pesat, namun hanya segelintir orang yang menikmati hasilnya. Misalnya untuk pasokan sayur-mayur dan buah-buahan saja, kita pasok dari luar seperti Bima (NTB), sedangkan daerah kita ini subur," kata Matheus, yang biasa dipanggil Mat.

"Saya melihat banyak warga atau petani kita tidak punya modal untuk berusaha dan tidak punya network untuk memasarkan hasil kebunnya," imbuh Matheus.

Karena itu, Matheus ingin mengubah itu dengan berusaha untuk membantu warga yang kurang mampu agar mendapatkan bantuan modal dengan berbagai macam cara. Misalnya kredit, atau mencari investor dengan cara online atau memanfaatkan IT.

"Di Jawa sana sudah banyak program-program berbasis IT, yang membantu petani atau masyarakat yang kurang modal dengan memberikan bantuan dengan bunga yang sangat ringan sehingga bisa terbantu, dan juga hasil produknya juga bisa langsung ada pembelinya," tandas Matheus.

Ia berpandangan, berbagai hal tersebut nantinya dapat diperjuangkan, salah satunya dengan terjun ke politik. Dan bagi Matheus, Partai NasDem adalah kendaraan yang ideal dalam mewujudkan mimpi besar tersebut.

Bergabungnya Matheus, langsung diapresiasi oleh Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Manggarai Barat, Edistasius Endi.

"Partai NasDem membuka peluang bagi semua masyarakat yang ingin bergabung. Secara khusus kami membuka pintu bagi Saudara Matheus, yang sudah secara resmi ingin masuk ke sistem," kata Edi Endi.

Menurut dia, dengan hadirnya pelaku pariwisata di Partai NasDem, tentu akan sangat mempengaruhi kebijakan yang diambil pemerintah, khususnya di sektor pariwisata.

"Dia (Matheus) memiliki semangat agar petani sayur bisa mengembangkan produk pertanian dan dijual di seluruh restoran dan hotel di Labuan Bajo. Selama ini produk pertanian kebanyakan datang dari luar. Saya optimis, dengan bergabungnya pelaku pariwisata, maka pariwisata Manggarai Barat ke depan akan semakin maju," ujar Edi Endi.

Reporter: Ito Umar

Editor: San Edison


Berita Terkait

Politik

Putu Artha Berlabuh ke Partai NasDem

Sabtu, 03 Juni 2017
Politik

Ogah Nyaleg di Bali, Putu Artha Pilih Sulteng

Minggu, 04 Juni 2017

Komentar