Yusril Sindir Parpol Besar Takut PT Nol Persen

Kamis, 22 Juni 2017 | 22:23 WIB
Share Tweet Share

Ketua Umum DPP Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra. [foto: jpnn.com]

[JAKARTA] Ketua Umum DPP Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra, menyindir parpol besar mengusulkan ambang batas pencalonan presiden (PT) 20 persen dan terkesan takut dengan PT nol persen.

Ia menuding, parpol besar khawatir pelaksanaan pemilu serentak bakal merontokkan perolehan suara pada Pemilu 2019 mendatang. Apalagi, nama calon presiden yang diusulkan dipastikan akan sangat memengaruhi perolehan suara parpol pengusung.

"Saya rasa (pada pemilu serentak, red) orang akan memilih presiden sekaligus partai yang mencalonkan. Kalau calon presidennya tidak disukai, partainya kan enggak akan dipilih," ujarnya, di Jakarta, Kamis (22/6/2017), seperti dikutip dari jpnn.com.

Yusril menilai, partai-partai besar seharusnya tidak perlu takut dengan PT nol persen.

Pasalnya selain amanat putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait pelaksanaan pemilu serentak, juga diyakini tidak akan memengaruhi perolehan suara parpol jika calon presiden yang diusung merupakan tokoh yang memiliki kinerja cukup baik.

"Kalau saya memang dianggap underdog, kenapa takut harus mengajukan syarat PT 20 persen segala macam. (Harusnya) Ya biarin saja maju. Tapi nyatanya kan enggak berani," tandas Yusril.

Editor: San Edison


Berita Terkait

Politik

Ogah Nyaleg di Bali, Putu Artha Pilih Sulteng

Minggu, 04 Juni 2017
Politik

Yusril Tegaskan Siap Jadi Capres

Kamis, 22 Juni 2017

Komentar