Hari Ini, Amien Rais Janji Jawab KPK

Jumat, 02 Juni 2017 | 09:39 WIB
Share Tweet Share

Amien Rais. [Harian Pijar]

[JAKARTA] Mantan Ketua MPR RI, Amien Rais berjanji akan memberi klarifikasi terkait tudingan dirinya menerima Rp 600 juta dari kasus korupsi pengadaan alat kesehatan (Alkes).

Amien tidak membantah dan tidak juga mengakui tudingan tersebut. Ia hanya berjanji akan memberikan keterangan pers pada hari Jumat (2/6), pukul 10.00 WIB di kediamannya di Jakarta.

"Akan saya undang semua wartawan termasuk dari media asing," ujarnya.

Sebelum mantan Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN) menggelar keterangan pers, KPK malah akan mendalami kasusnya itu yang mencuat dalam sidang pembacaan tuntutan terhadap mantan Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari yang menjadi terdakwa kasus tersebut, Rabu (31/5).

Menurut sumber di KPK, pendalaman terkait aliran dana kepada Amien Rais ini tergantung dari evaluasi tim penyidik. "Nanti akan didalami oleh penyidik. (Kelanjutannya) tergantung evaluasi penyidik," katanya.

Sebelumnya, dalam persidangan di Pengadilan Tipikor, Rabu (31/5), Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK, Iskandar Marwanto menyebut Amien Rais menerima aliran dana sebesar Rp 600 juta yang diterimanya secara bertahap.

Iskandar menyatakan, Amien yang juga mantan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) itu menerima enam kali transfer masing-masing sebesar Rp 100 juta pada 15 Januari 2007, 13 April 2007, 1 Mei 2007, 21 Mei 2007, 13 Agustus 2007, dan 2 November 2007.

Tak hanya Amien Rais, mantan Ketua Umum PAN, Sutrisno Bachir juga disebut menerima dana sebesar Rp 250 juta dari kasus korupsi ini pada 26 Desember 2006.

Jubir KPK, Febri Diansyah mengatakan, pihaknya akan terus mencermati fakta-fakta yang muncul di persidangan.

Hal ini lantaran proses persidangan dengan terdakwa Siti Fadilah masih terus bergulir di Pengadilan Tipikor Jakarta. Setelah pembacaan tuntutan, persidangan akan berlanjut dengan agenda pembelaan atau pledoi dan pembacaan putusan majelis hakim.

Editor: Gusti


Berita Terkait

Komentar