Naskah Akademik Final, DPRD Bali Segera Ajukan Ranperda Keolahragaan

Senin, 26 Maret 2018 | 01:07 WIB
Share Tweet Share

Tim dari IKIP PGRI Bali saat menyerahkan Naskah Akademik Ranperda Keolahragaan kepada Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Bali Nyoman Parta (kiri) dan Wakil Dekan I FPOK IKIP PGRI Bali, Agus Dei Segu (kanan). [foto: istimewa]

[DENPASAR] Bali dipastikan akan segera memiliki Peraturan Daerah (Perda) Tentang Keolahragaan. Pasalnya, DPRD Provinsi Bali terus mendorong lahirnya Perda ini.

Bahkan menurut rencana, Senin (26/3/2018) hari ini, Ranperda Keolahragaan dimaksud akan ditetapkan sebagai Ranperda inisiatif dewan, dalam rapat paripurna internal DPRD Provinsi Bali.

Selanjutnya, Ranperda Keolahragaan ini akan diajukan dalam rapat paripurna DPRD Provinsi Bali, untuk dibahas bersama eksekutif.

Ranperda ini dipastikan akan mulus, apalagi naskah akademiknya bahkan telah disusun oleh Tim Penyusun Naskah Akademik Ranperda Keolahragaan Bali dari IKIP PGRI Bali.

Naskah akademik dimaksud telah diserahkan kepada Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Bali Nyoman Parta.

"Naskah akademik telah kami susun. Kami juga sudah serahkan kepada Komisi IV DPRD Bali," jelas Wakil Dekan I FPOK IKIP PGRI Bali, Agus Dei Segu, di Denpasar, Minggu (25/3/2018).

Ranperda Keolahragaan ini, menurut dia, berisi XI Bab dan 51 Pasal. Pasal - pasal tersebut akan mengatur beberapa hal krusial, seperti upaya membangun sistem keolahragaan di Bali, menjadikan olahraga sebagai lifestyle, hingga membangun paradigma baru hidup sehat.

Sebagai anggota Tim Penyusun Naskah Akademik, Agus Dei Segu menyampaikan apresiasi sekaligus rasa terima kasih atas kepercayaan penuh yang diberikan Komisi IV DPRD Provinsi Bali terhadap IKIP PGRI Bali dalam menyusun Naskah Akademik Ranperda Keolahragaan.

"Ini merupakan bentuk implementasi kerja sama antara Pemda Bali dengan IKIP PGRI Bali yang belum lama ini telah dilakukan penandatanganan Kesepakatan Bersama antara Gubernur Bali dengan Rektor IKIP PGRI," ujar Agus Dei Segu.

Sebelumnya, Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Bali Nyoman Parta, menjelaskan bahwa Perda Keolahragaan sudah ditunggu kehadirannya.

"Perda Keolahragaan ini sudah ditunggu - tunggu. Kita sepakati, Ranperda ini sebagai inisiatif dewan," kata Parta.

Diakuinya, ada banyak hal yang akan diatur dalam Perda Keolahragaan nantinya. Di antaranya, Perda ini diarahkan untuk memberikan penghargaan kepada atlet, tidak saja saat menjadi atlet namun juga purna atlet.

"Jadi kesejahteraan atlet diatur khusus dalam Perda Keolahragaan," urai Parta.

Hal lainnya, menurut dia, terkait kepastian anggaran.

"Dengan adanya Perda Keolahragaan, kita ada kepastian dalam soal anggaran," pungkas Parta, yang juga anggota Fraksi PDIP DPRD Provinsi Bali.

Editor: San Edison


Berita Terkait

Komentar