Puskesmas Dampek Gelar Sosialisasi Pencegahan Covid-19  

Senin, 23 Maret 2020 | 23:34 WIB
Share Tweet Share

Sosialisasi antisipasi penyebaran virus Corona dikampung Waso Ronting, Desa Satar Kampas, Kecamatan Lamba Leda, Kabupaten Manggarai Timur, NTT (FOTO: Flori Edi/indonesiakoran.com)

[INDONESIAKORAN.COM]- Dalam rangka pencegahan Covid-19, Puskesmas Dampek gelar sosialisasi antisipasi penyebaran virus Corona diwilayah Desa Satar Padut dan Desa Satar Kampas, di Kecamatan Lamba Leda, Kabupaten Manggarai Timur (Matim), Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Senin (23/3/2020).

Turut hadir dalam kesempatan itu, Petugas Kesehatan Puskesmas Dampek, Kapolsek Lamba Leda IPDA Stanislaus Jemadu beserta anggota Polsek, Babinsa wilayah Lamba Leda utara Serda Baharudin, Kepala Desa Satar Padut Belasius Kabun, dan Sekertaris Desa Satar Kampas Abubakar.

Kepada media ini Kepala Puskesmas Dampek Emilianus Hardjonit mengatakan, selain menindaklanjuti penegasan dari Pemerintah Pusat hingga Pemerintah Daerah melalui Dinas Kesehatan Manggarai Timur, kegiatan tersebut merupakan sebagai bentuk upaya pencegahan terhadap penyebaran virus Corona diwilayah itu.

"Yang paling inti dari kegiatan hari ini tentu upaya kita dalam mencegah masuknya virus Corona dan penyebarannya"

"Ini juga kan sebagai tindak lanjut penegasan penegasan yang dilakukan oleh mulai dari Presiden kemudian kementerian dalam negeri, kementerian kesehatan sampai ditingkat Bupati dan Kepala Dinas" ungkapnya.

Lebih lanjut Emilianus mengatakan, dengan adanya kegiatan tersebut masyarakat diharapkan bisa mengantisipasi diri dari wabah virus Corona.

"Semoga dengan kegiatan ini tentunya masyarakat bisa memiliki antisipasi dirinya dalam penanganan atau pencegahan Covid-19 dan juga masyarakat mengerti dan tau tentang apa itu Covid-19 dan bagaimana cara mencegahnya" tambahnya.

Untuk itu, ia juga meminta kepada seluruh masyarakat di Desa tersebut untuk segera melapor ke puskesmas terdekat apabila ada keluarga atau kerabat yang datang dari Daerah transmisi endemik Covid-19, seperti; Jawa, Sumatera, Kalimantan dan Bali.

"Harapannya bahwa masyarakat segera melaporkan semua orang atau keluarga yang datang dari Daerah tersebut supaya kita nanti bisa menindaklanjuti dengan pemeriksaan lanjutannya dan apabila dia ditemukan adanya gejala gejala atau sakit yang mengarah kepada influenza bisa segera kita tindak lanjuti" ujarnya.

Dengan demikian, Kepala Puskesmas Dampek itu menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk hidup bersih dan sehat, hindari kerumunan massa atau perkumpulan, serta hindari kontak erat dengan penderita Covid-19.

"Harapan saya untuk masyarakat bahwa apa yang sudah kami sampaikan hari ini di tindak lanjuti" pungkasnya.

Sementara itu, Kapolsek Lamba Leda, IPDA Satnislau Jemadu menghimbau kepada masyarakat untuk selalu antisipasi terhadap penyebaran virus Corona.

Menurutnya, dalam pencegahan wabah Covid-19 perlu kesadaran dari dalam diri setiap masyarakat seperti selalu hidup sehat dan bersih, serta selalu mengkonsumsi makanan yang bergizi.

Ia juga meminta masyarakat, apabila ada keluarga atau kerabat yang datang dari Daerah lain terlebih khusus Tenaga Kerja Indonesia (TKI) untuk segera melapor kepada pihak aparat kepolisian atau kepada pihak puskesmas.

"Saya bersama anggota kemudian bersama pihak puskesmas dan pemerintah setempat seperti Desa Satar Padut dan Desa Satar Kampas kami selalu bekerjasama bersama Babinsa kami kerjasama dalam rangka memberikan himbauan kepada masyarakat untuk wilayah Lamba Leda utara" ujarnya.

Reporter: Florianus Edi
Editor: Odorikus


Berita Terkait

Komentar