Gubernur Optimistis Pariwisata Bangkitkan Ekonomi Rote Ndao

Minggu, 27 Oktober 2019 | 08:46 WIB
Share Tweet Share

Suasana pembukaan Festival Mulut Seribu. [foto: indonesiakoran.com/laurens leba tukan]

[ROTE NDAO, INDONESIAKORAN.COM] Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Bungtilu Laiskodat mengaku optimistis bahwa sektor pariwisata akan membangkitkan ekonomi masyarakat di Kabupaten Rote Ndao. Optimisme Gubernur Laiskodat itu beralasan, mengingat kabupaten paling selatan di Indonesia itu memiliki potensi pariwisata alam dan  budaya yang sudah mendunia.

"Apalagi kabupaten ini sedang dipimpin oleh seorang bupati perempuan yang memiliki kelembutan dan cinta yang ikhlas untuk masyarakatnya," kata Gubernur Laiskodat, saat membuka Festival Mulut Seribu, di Desa Daiama, Kecamatan Landuleko, Kabupaten Rote Ndao, NTT, Sabtu (26/10/2019).

IMG_20191027_094542

Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat didampingi Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bulu dan perwakilan tamu undangan usai membuka Festival Mulut Seribu. [foto: indonesiakoran.com/laurens leba tukan]

Ia juga menyebut, semua tempat wisata di Rote Ndao harus diakses secara online agar mudah dijangkau oleh wisatawan seluruh dunia. Bahkan pendataan para wisatawan juga harus dilakukan secara online.

"Setiap wisatawan yang datang, begitu cek in langsung tercatat di Dispenda. Seluruh hotel dan restoran di Rote Ndao juga diwajibkan untuk memajang seluruh hasil karya masyarakat Rote Ndao, agar dengan mudah dibeli oleh wisatawan," tandas politikus Partai NasDem ini.

IMG_20191027_094555

Sementara itu Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bulu, pada kesempatan yang sama mengatakan, Festival Mulut Seribu akan menjadi agenda rutin tahunan untuk mempromosikan potensi pariwisata di Rote Ndao.

Ia juga langsung menyampaikan persoalan yang dihadapi masyarakat setempat. Salah satunya adalah kesulitan mendapatkan air bersih.

"Masyarakat di wilayah ini masih sangat kesulitan untuk mendapatkan air bersih, sehingga kami memohon dukungan Bapak Gubernur NTT," kata Bupati Paulina, yang langsung direspon Gubernur Laiskodat. Ia menyanggupi dan bersedia membantu pengadaan air bersih untuk wilayah itu.

Seperti disaksikan, pembukaan Festival Mulut Seribu dihadiri ribuan masyarakat Rote Ndao dan Kota Kupang, serta para undangan dari kabupaten lain se-NTT.

Pada hari pertama, digelar Tarian Kebalai Masal dan lomba perahu hias di Selat Mulut Seribu. Sore harinya, dilanjutkan dengan atraksi budaya 'Pukul Kaki' dan gala dinner di obyek wisata Tiang Bendera.

Reporter: Laurens Leba Tukan

Editor: San Edison


Berita Terkait

Komentar