Difasilitasi Pemprov NTT, 84 Pengungsi Wamena Tiba di Labuan Bajo

Kamis, 17 Oktober 2019 | 10:01 WIB
Share Tweet Share

Kepala Dinas Sosial Provinsi NTT dr Messe Ataupah, ketika menyerahkan bantuan sembako bagi pengungsi Wamena asal NTT saat dijemput di Pelabuhan Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (15/10/2019) malam. [foto: istimewa]

[KUPANG, INDONESIAKORAN.COM] Insiden Wamena, Papua, beberapa waktu lalu membuat ribuan orang mengungsi. Di antaranya para pengungsi tersebut, ratusan di antaranya adalah warga etnis Nusa Tenggara Timur (NTT).

Para pengungsi ini pun kembali ke tempat asal masing-masing di NTT, difasilitasi oleh pemerintah Provinsi NTT. Tiba di Pelabuhan Makassar, Sulawesi Selatan, para pengungsi ini dijemput Kepala Dinas Sosial Provinsi NTT dr Messe Ataupah.

Selanjutnya, para pengungsi langsung difasilitasi kepulangan mereka ke kabupaten masing-masing. Sebagian besar pengungsi yang kebetulan berasal dari Manggarai Raya, langsung difasilitasi untuk diberangkatkan menuju Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat.

"Ada 84 orang didampingi oleh satu staf dari Dinas Sosial Provinsi NTT langsung ganti kapal (dari KM Dobonsolo ke KM Tilongkabila) menuju Labuan Bajo," papar Messe Ataupah, kepada indonesiakoran.com di Kupang, Kamis (17/10/2019).

Sebanyak 87 pengungsi Wamena berasal dari Manggarai Raya, dan 84 pengungsi yang langsung diberangkatkan dari Pelabuhan Makasaar telah tiba di Labuan Bajo (3 pengungsi masih tinggal bersama keluarga di Makassar, red). Selanjutnya para pengungsi difasilitasi oleh pemerintah kabupaten masing-masing untuk kembali ke daerah asalnya.

"Kami sudah koordinasi dengan seluruh Pemkab yang merupakan daerah asal para pengungsi agar membantu kepulangan para pengungsi itu sampai ke kampung halaman masing-masing," ujar Messe Ataupah.

Ia menambahkan, para pengungsi lainnya yang berjumlah 107 orang sisanya dijadwalkan akan berangkat dari Makassar menuju Kupang dan akan tiba tanggal 19 Oktober 2019.

Reporter: Laurens Leba Tukan

Editor: San Edison


Berita Terkait

Komentar