BOP Labuan Bajo Flores Sosialisasikan Gerakan Sadar Wisata

Senin, 23 September 2019 | 19:06 WIB
Share Tweet Share

Penyerahan sarana dan prasarana kebersihan dari Kementerian Pariwisata kepada pemerintah Kabupaten Manggarai Barat yang diwakili oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Manggarai Barat Agustinus Rinus dan Sekretaris Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olah Raga Kabupaten Manggarai Barat Yeremias Unggas. [foto: indonesiakoran.com/itho umar]

[LABUAN BAJO, INDONESIAKORAN.COM] Badan Otorita Pariwisata Labuan Bajo Flores (BOP LBF) bersama Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, menggelar Sosialisasi Gerakan Sadar Wisata di Destinasi Pariwisata, di Aula Kampus Politeknik eLBajo Commodus Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Senin (23/9/2019). Sosialisasi ini menyasar siswa dan pelajar di Labuan Bajo.

IMG_20190923_201046

Arum Damarintyas, staf Kementerian Pariwisata RI, dalam sambutannya pada kesempatan tersebut mengatakan, kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk mengimplementasikan unsur bersih kepada masyarakat, khususnya bagi siswa dan pelajar.

"Kita implementasikan unsur bersih. Unsur bersih ini kita mulai dengan pengolahan sampah, kemudian pengelolaan toilet yang bersih," tutur Arum.

Ia menambahkan, pengolahan sampah dan pengelolaan toilet merupakan dua unsur yang sering menjadi kendala dalam pembangunan pariwisata di Indonesia, terutama di Labuan Bajo.

"Banyak wisatawan yang datang ke Labuan Bajo mengeluh toilet kita kering, toilet kita jorok dan kotor," tandasnya.

Ia kemudian menjelaskan kaitan erat gerakan sadar wisata dengan para pelajar.

"Kalau sekolah kita bersih, rapi, maka itu memudahkan kita untuk melakukan kegiatan belajar - mengajar. Tanggung jawab sebagai pelajar yaitu membuang sampah pada tempatnya, laci dan meja harus bersih. Dan adik - adik pelajar bisa menegur wisatawan yang membuang sampah sembarangan dan tentunya itu dilakukan dengan cara yang santun," tutur Arum.

IMG_20190923_201105

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Manggarai Barat Agustinus Rinus, dalam sambutan saat membuka kegiatan ini mengatakan, sosialisasi ini adalah pengenalan destinasi wisata kepada siswa-siswa terutama terkait kebersihan.

"Kegiatan ini terkait bagaimana keterlibatan masyarakat khususnya para siswa dan pelajar dalam menjaga kebersihan," ucapnya.

Sebagai destinasi prioritas, Gusti Rinus berharap keterlibatan penuh dari masyarakat dalam membangun pariwisata, khususnya dalam hal kebersihan.

"Kita berbangga bahwa Labuan Bajo masuk dalam 4 destinasi prioritas. Itu artinya, kita harus sungguh-sungguh dalam membangun pariwisata kita, khususnya terkait kebersihan," kata Gusti Rinus.

Reporter: Itho Umar
Editor: San Edison


Berita Terkait

Komentar