Jadi Mone Rai Hawu, Laiskodat Bicara Penataan Kawasan Kellaba Madja

Rabu, 11 September 2019 | 13:50 WIB
Share Tweet Share

Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat saat dinobatkan menjadi Mone Rai Hawu oleh Mone Ama dari lima suku di Sabu Raijua. [foto: indonesiakoran.com/laurens leba tukan]

[SABU RAIJUA, INDONESIAKORAN.COM] Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Bungtilu Laiskodat, resmi menjadi Mone Rai Hawu. Hal itu dipastikan setelah Laiskodat dinobatkan oleh Mone Ama (tokoh adat, red) dari enam kepala suku di Sabu Raijua, Senin (9/9/2019).

Penobatan Laiskodat menjadi Ama (Bapak) bagi masyarakat Sabu Raijua ini dilakukan usai parade budaya serangkaian pembukaan Festival Jelajah Pesona Kellaba Madja, yang berlangsung di tepi Pantai Napae, Sabu Raijua.

Usai penobatan, Laiskodat secara khusus menyinggung soal penataan kawasan wisata Kellaba Madja. Menurut dia, kawasan tersebut sangat indah.

Karena itu, menurut Laiskodat, tidak boleh semua orang masuk ke kawasan tertentu di area tersebut, karena berpotensi merusak keindahan yang ada. Apalagi, wisatawan sudah disediakan area khusus untuk mengabadikan keindahan Kellaba Madja.

"Tempat ini sangat indah, saya dorong bupati dan tokoh adat harus lebih banyak intervensi di sekitar Kellaba Madja," ujarnya.

Hal paling penting, demikian Laiskodat, harus mempersiapkan masyarakat setempat sehingga bisa menerima wisatawan di rumah mereka sendiri.

"Masyarakat bisa mempersiapkan kamar penginapan yang bagus, berikan pelayanan yang bagus, siapkan masakan yang bagus, agar masayarakat sendiri yang menerima langsung keuntungan besar dari pariwisata," ucapnya.

Laiskodat berjanji akan terus mendorong Dinas Pariwisata, baik di kabupaten maupaun provinsi, untuk segera menindaklanjuti rencana besar melatih masyarakat ini.

"Target kita, minimal tahun depan masyarakat kita sudah bisa terima dan layani tamu asing di rumahnya sendiri di sekitar pusat pariwisata," tegas Laiskodat.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur juga menyampaikan terima kasih kepada para Mone Ama dari enam suku di Sabu Raijua, yang telah menobatkan dirinya menjadi Mone Rai Hawu.

Reporter: Laurens Leba Tukan

Editor: San Edison


Berita Terkait

Komentar