Presiden Kunker ke Kupang, Danrem Pimpin Pasukan Pengamanan VVIP

Selasa, 20 Agustus 2019 | 10:43 WIB
Share Tweet Share

Danrem 161/ Wira Sakti Brigjen TNI Syaiful Rahman, SSos, saat memimpin Apel Gelar Pasukan Pengamanan VVIP. [foto: istimewa]

[KUPANG, INDONESIAKORAN.COM] Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (21/8/2019). Danrem 161/ Wira Sakti selaku Dansatgas Pam Wilayah NTT Brigjen TNI Syaiful Rahman, SSos, memimpin Apel Gelar Pasukan Pengamanan VVIP terkait kunjungan Kepala Negara ini.

Apel dilaksanakan di Lapangan Upacara Makorem 161/ Wira Sakti Kupang. Apel dihadiri unsur TNI, Polri, pemerintah daerah, termasuk Kapolda NTT, Danlantamal VII Kupang, Danlanud El Tari Kupang, dan Kabinda NTT.

IMG_20190820_114718

Pangdam IX/ Udayana selaku Pangkoops Pam Wilayah Bali Nusra Mayjen TNI Benny Susianto, SIP, dalam amanatnya yang dibacakan pimpinan apel, menekankan pentingnya Apel Gelar Pasukan Pengamanan VVIP Kunjungan Kerja Presiden RI beserta rombongan kali ini.

"Apel gelar pasukan ini sangat diperlukan untuk mengecek sejauh mana tingkat kesiapan pasukan Satgas Pengamanan VVIP ini, serta pemahaman tentang tugas dan tanggung jawab masing - masing unsur Satgas, juga langkah dan tindakan yang diambil dalam mengatasi persoalan sesuai dengan Protap Pengamanan VVIP," jelas Pangdam.

Ia menambahkan, unsur TNI, Polri dan pemerintah daerah penting untuk saling bersinergi dalam pelaksanaan Pengamanan VVIP ini.

"Kodam IX/ Udayana selaku Koops Pam VVIP Wilayah Bali dan Nusa Tenggara bersama Polda, pemerintah daerah setempat dan unsur pendukung lainnya selalu bersinergi untuk mencapai tujuan dan sasaran pengamanan secara maksimal. Untuk itu, kejelasan tugas tanggung jawab, rantai komando harus dipahami dan dijadikan pedoman dalam pelaksanaan tugas di lapangan," ucapnya.

IMG_20190820_114746

Pangdam juga menekankan kepada peserta agar memahami dan menguasai prosedur tetap pengamanan VVIP. 

"Pegang teguh disiplin dengan memahami rantai komando yang efektif dan efisien. Dan, tingkatkan kepekaan dan jangan lengah terhadap situasi yang berkembang. Jangan ragu dalam bertindak dan tingkatkan koordinasi secara optimal, serta cermati, ikuti perkembangan situasi secara terus - menerus dan laporkan," tegasnya.

Reporter: Laurens LT 

Editor: San Edison


Berita Terkait

Komentar