Kain Tenun Sepanjang 68 Meter Dibentangkan di Lembah Kalabba Madja

Senin, 19 Agustus 2019 | 09:40 WIB
Share Tweet Share

Kain tenun Sabu Raijua dengan panjang 68 meter dan lebar 91 centimeter yang akan dibentangkan pada puncak acara Festival Kalabba Madja. [foto: istimewa]

[KUPANG, INDONESIAKORAN.COM] Festival Kalabba Madja akan dilaksanakan di Kabupaten Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur (NTT), 9-12 September 2019. Menurut jadwal, pada hari terakhir festival, akan dibentangkan kain tenun Sabu Raijua sepanjang 68 meter dengan lebar 91 centimeter di Lembah Kalabba Madja.

"Kain tenun ini akan dibentangkan oleh para penari dari SMA Negeri 1 Hawu Mehara," kata Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Kabupaten Sabu Raijua Petrus Tapobali, kepada indonesiakoran.com dari Sabu Raijua, Minggu (18/8/2019).

Baca Juga:
Festival Kalaba Madja, Merayu Pengusaha Melirik Sabu Raijua

Dijelaskan, kain tenun yang dibentangkan tersebut merupakan karya Ibrahim Bire Logo, warga Sabu Raijua, yang merupakan pemegang rekor Muri sebagai kain tenun terpanjang.

Sehari sebelumnya, festival akan diwarnai dengan pertunjukan Kuda Menari.

"Kita tahu yang bisa menari adalah manusia dan itu kita bisa temukan di semua daerah. Tetapi kalau kuda menari atau bahasa Sabu disebut dengan 'Ledo Djara' merupakan satu satunya hanya ada di Sabu Raijua," ujar Tapobali.

Baca Juga:
Gubernur NTT Akan Dinobatkan Jadi Mone Rai Hawu

Sementara itu di hari pertama festival, selain ada pagelaran budaya, juga ada penobatan kepada Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat dan Julie Sutrisno Laiskodat oleh Mone Ama dari lima wilayah adat di Sabu Raijua.

"Puncak dari penobatan itu ditandai dengan serimoni adat yaitu makan kacang hijau dan minum 'kedue' (minuman gula sabu) yang dilanjutkan dengan makan adat sebagai lambang kekerabatan orang Sabu Raijua," ucapnya.

Tapobali menambahkan, pada acara makan adat, akan disuguhkan makanan lokal Sabu Raijua yaitu sorgum yang merupakan makanan khas masyarakat Sabu Raijua.

Reporter: Laurens LT

Editor: San Edison


Berita Terkait

Komentar