Gempa M6 Guncang Bali dan Nusa Tenggara

Selasa, 16 Juli 2019 | 08:14 WIB
Share Tweet Share

Ilustrasi

[JAKARTA, INDONESIAKORAN.COM] Wilayah Bali-Nusa Tenggara diguncang gempa bumi tektonik, Selasa (16/7/2019) Pukul 08.18 WITA. Hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempa ini berkekuatan M=6, yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi M=5,8.

"Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 9,08 LS dan 114,55 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 80 km arah selatan Kota Negara, Kabupaten Jembrana, Provinsi Bali, pada kedalaman 104 km," jelas Rahmat Triyono, Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, imbuhnya, gempa berkedalaman menengah ini diakibatkan oleh aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia yang menyusup ke bawah lempeng Eurasia.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan jenis naik mendatar atau oblique thrust fault," urainya.

Dikatakan, guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Badung V MMI; Nusa Dua IV-V MMI; Denpasar, Mataram, Lombok Tengah, Lombok Barat IV MMI; Banyuwangi, Karangkates, Sumbawa, Lombok Timur, Lombok Utara III MMI; Jember, Lumajang II- III MMI.

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami," tandas Rahmat Triyono.

Editor: San Edison


Berita Terkait

Nusantara

Pipa PDAM Belu Bocor

Selasa, 23 Mei 2017
Nusantara

Kusam dan Robek, Merah Putih Dibiarkan Berkibar

Selasa, 23 Mei 2017
Nusantara

Bali Kekurangan 70 Ribu Blanko E-KTP

Selasa, 23 Mei 2017

Komentar