Kapolda Pimpin Upacara Pencucian Pataka Polda NTT

Rabu, 10 Juli 2019 | 06:16 WIB
Share Tweet Share

Upacara pencucian Pataka Polda NTT yang dipimpin langsung oleh Kapolda NTT Irjen Pol Drs Raja Erizman. [foto: istimewa]

[KUPANG, INDONESIAKORAN.COM] Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur (Polda NTT) menggelar upacara pencucian Pataka Polda NTT “Catya Turangga Wirasakti”, Senin (8/7/2019) sore. Tradisi ini dilaksanakan sebagai simbol pemuliaan nilia-nilai luhur Polri.

Upacara yang berlangsung di lobi lantai 1 Mapolda NTT ini dipimpin langsung oleh Kapolda NTT Irjen Pol Drs Raja Erizman. Upacara dihadiri oleh Irwasda Polda NTT Kombes Pol Drs Tavip Yulianto SH, MSi, Ketua Bhayangkari Daerah NTT Ny Hera Raja Erizman, para Pejabat Utama Polda NTT serta personel yang dilibatkan.

"Tradisi pencucian Pataka ini dilaksanakan dalam rangka Hari Bhayangkara ke-73 tahun 2019, yang mana memiliki makna memurnikan kembali internalisasi nilai - nilai luhur yang tertuang dalam Tribrata," papar Kabidhumas Polda NTT Kombes Pol Jules Abraham Abast, SIK, usai upacara tersebut.

“Pencucian Pataka ini dimaknai sebagai pembersihan hati dan jiwa dari hal-hal negatif, sehingga personel Polri dapat melaksanakan tugas dalam melayani masyarakat secara baik,” imbuhnya.

Ia menambahkan, pencucian Pataka merupakan agenda sakral Polri dan jajaran yang wajib dilaksanakan setiap tahun dalam memperingati Hari Bhayangkara.

“Tradisi pencucian Pataka ini wajib dilaksanakan. Dengan prosesi ini juga, kita mengenang apa saja yang telah kita berikan bagi Nusa dan Bangsa selama mengabdi sebagai anggota Polri," tandas Jules.

Editor: San Edison


Berita Terkait

Komentar