Gunung Agung Erupsi, Warga Bisa Melihat Jelas Lontaran Lava Pijar

Jumat, 24 Mei 2019 | 22:15 WIB
Share Tweet Share

Gunung Agung kembali mengalami erupsi. [foto: istimewa]

[DENPASAR, INDONESIAKORAN.COM] Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Bali kembali erupsi, Jumat (24/5/2019) Pukul 19:23 WITA. Erupsi terekam pada seismogram dengan amplitudo maksimum 30 mm dan durasi lebih kurang 4 menit 30 detik.

Menurut laporan petugas di Pos Pengamatan Gunungapi Agung, suara gemuruh sedang hingga kuat terdengar di Pos Pengamatan. Adapun lontaran batu/ lava pijar sejauh 2,5 km sampai 3 km ke segala arah.

Menurut laporan warga, suara gemuruh juga terdengar keras hingga Pasar Senggol Menanga, yang berjarak sekitar 12.5 km barat laut kawah Gunung Agung. Bahkan warga juga melihat dengan jelas lontaran lava pijar.

Saat ini Gunung Agung masih berada pada Status Level III (Siaga). Masyarakat di sekitar Gunung Agung dan pendaki/ pengunjung/ wisatawan agar tidak berada, tidak melakukan pendakian dan tidak melakukan aktivitas apapun di Zona Perkiraan Bahaya yaitu di seluruh area di dalam radius 4 km dari kawah puncak Gunung Agung.

Zona Perkiraan Bahaya sifatnya dinamis dan terus dievaluasi dan dapat diubah sewaktu-waktu mengikuti perkembangan data pengamatan Gunung Agung yang terbaru.

Khusus masyarakat yang bermukim dan beraktivitas di sekitar aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung, diminta untuk mewaspadai potensi ancaman bahaya sekunder berupa aliran lahar hujan yang dapat terjadi terutama saat hujan turun dan jika material erupsi masih terpapar di area puncak. Area landaan aliran lahar hujan mengikuti aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung.

Editor: San Edison


Berita Terkait

Nusantara

Gunung Agung Waspada Setelah 53 Tahun "Tidur"

Senin, 18 September 2017
Nusantara

Tahun 1963, Gunung Agung Meletus Hampir 1 Tahun

Senin, 18 September 2017

Komentar