Catat! 6 Hari ke Depan, Jalur Labuan Bajo-Ruteng Ditutup Malam Hari

Jumat, 15 Maret 2019 | 23:14 WIB
Share Tweet Share

Kapolres Manggarai Barat AKBP Julisa Kusumowardono, SIK, MSi. [foto: indonesiakoran.com/ itho umar]

[LABUAN BAJO, INDONESIAKORAN.COM] Terhitung sejak Jumat (15/3/2019) hingga Kamis (21/3/2019), jalan nasional jurusan Labuan Bajo-Ruteng akan diberlakukan sistem buka-tutup.

Rekayasa lalu lintas buka-tutup untuk jalur trans Flores ini sebagaimana disampaikan Kapolres Manggarai Barat AKBP Julisa Kusumowardono, SIK, MSi, kepada indonesiakoran.com di Labuan Bajo, Jumat (15/3/2019) malam.

Menurut dia, sistem buka-tutup tersebut berlaku khusus untuk ruas Labuan Bajo hingga Malawatar, Kecamatan Lembor, Manggarai Barat. Jalur tersebut akan dibuka Pukul 06.00 - 18.00 WITA, dan ditutup Pukul 18.00 - 06.00 WITA atau malam hari.

"Enam hari ke depan, kita berlakukan sistem buka - tutup. Jalur tersebut ditutup malam hari atau Pukul 18.00 WITA hingga Pukul 06.00 WITA," jelas Julisa.

Ia menjelaskan, pemberlakuan sistem buka - tutup tersebut karena mempertimbangkan kondisi tanah yang masih labil di sejumlah titik longsor tanggal 7 Maret lalu.

"Kondisi tanah masih labil. Kita menghindari terjadinya longsor susulan yang terjadi tengah malam. Apalagi hingga saat ini, hujan deras masih terus terjadi di kawasan tersebut," ujar Julisa.

Ia menambahkan, pihaknya tidak mau mengambil risiko dengan kondisi yang ada. Apalagi jika bencana longsor terjadi pada malam hari, tentu akan menyulitkan proses evakuasi.

"Kita tidak mau ambil risiko apabila terjadi longsor tengah malam. Jadi kita putuskan pakai sistem buka - tutup selama enam hari ke depan, sampai kondisi tanahnya stabil," pungkas Julisa.

Reporter: Itho Umar
Editor: San Edison


Berita Terkait

Komentar