Seminggu Lumpuh, Jalur Labuan Bajo-Ruteng Sudah Bisa Dilalui Kendaraan

Rabu, 13 Maret 2019 | 14:58 WIB
Share Tweet Share

Pekerjaan pembersihan material longsor di jalur jalan nasional trans Flores jurusan Labuan Bajo-Ruteng, telah rampung. [foto: indonesiakoran.com/ itho umar]

[LABUAN BAJO, INDONESIAKORAN.COM] Ruas jalan nasional yang menghubungkan Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat dengan Ruteng, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur, akhirnya bisa dilalui kendaraan bermotor.

"Kita sudah ujicoba. Dan hari ini, jalur yang sempat lumpuh total ini sudah dibuka lagi," jelas Muktar Napitupulu, Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) X Kupang, saat memantau pembersihan material longsor di Wae Kantor, Desa Tondong Belang, Kecamatan Mbeliling, Manggarai Barat, Rabu (13/3/2019).

Kembali beroperasinya jalur trans Flores ini terhitung lebih cepat dari target awal. Sebab sebelumnya, pekerjaan pembersihan material longsor di jalur tersebut diperkirakan memakan waktu sekitar seminggu.

"Target kita semula dibuka Kamis besok. Tapi Puji Tuhan, hari ini sudah bisa kita buka," ujarnya.

Ia menyebut, dari titik Malawatar, Kecamatan Lembor hingga Labuan Bajo, Kecamatan Komodo, Manggarai Barat, ada 38 titik yang harus dibersihkan materialnya.

"Kita hitung total ada 38 titik, dan hari ini pembersihan pada titik akhir di Wae Kantor selesai dibersihkan," kata Muktar.

Diberitakan sebelumnya, jalur Labuan Bajo-Ruteng lumpuh total akibat tertutup material longsor pada 7 Maret lalu. Bencana longsor ini juga menewaskan 8 warga.

Reporter: Itho Umar
Editor: San Edison


Berita Terkait

Komentar