Gubernur NTT Tinjau Kesiapan Mabar Terima Delegasi IMF-WB

Kamis, 11 Oktober 2018 | 20:44 WIB
Share Tweet Share

Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat (kiri), saat meninjau Wisata Kuliner Kampung Ujung, Labuan Bajo. [foto: indonesiakoran.com/ itho umar]

[LABUAN BAJO, INDONESIAKORAN.COM] Pertemuan tahunan International Monetary Fund (IMF)-World Bank (WB), berlangsung di Nusa Dua, Bali, 8-14 Oktober 2018. Menurut rencana, pertemuan tahunan ini akan diisi dengan kunjungan delegasi IMF-WB ke sejumlah destinasi wisata di Indonesia.

Salah satu daerah yang akan dikunjungi delegasi IMF-WB adalah Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Nusa Tenggara Timur (NTT). Daerah di ujung barat Pulau Flores ini populer dengan biawak purba Komodo.

Terkait rencana kunjungan delegasi IMF-WB ini, pemerintah pusat dan daerah terus melakukan persiapan. Bahkan, Kamis (11/10/2018), Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat melakukan kunjungan kerja ke Labuan Bajo, guna meninjau secara langsung kesiapan daerah itu menerima delegasi IMF-WB.

Gubernur Viktor Laiskodat bersama rombongan diterima oleh Bupati Manggarai Barat Agustinus Ch Dula. Usai penyambutan, Gubernur Viktor Laiskodat meninjau Wisata Kuliner Kampung Ujung, Labuan Bajo.

Mantan Ketua Fraksi Partai NasDem DPR RI itu secara khusus meninjau kesiapan stan-stan kuliner yang baru di Kampung Ujung. Ia meminta Pemkab Manggarai Barat agar dalam jarak setiap 50 meter, harus disiapkan tempat sampah, baik untuk sampah organik maupun sampah non organik.

Gubernur Viktor Laiskodat juga mengingatkan khusus soal kebersihan, keamanan dan kenyamanan di kawasan tersebut. Ia bahkan berjanji untuk membentuk Satuan Petugas (Satgas) Sampah, yang melibatkan pihak kepolisian dan TNI.

“Begitu bicara pariwisata, maka nomor satu itu soal bersih, tertib, dan aman. Itu pasti. Jualan cuman itu. Atraksi yang ada, begitu orang nyampe, dia rasa aman, dia rasa nyaman, dia rasa tertib, dan bersih. Karena itu, pasti Satgas Sampah kita bentuk. Siapapun membuang sampah sembarangan, kita ambil dan kalau dia tidak bayar denda kita masukkan ke penjara," tandas Gubernur Viktor Laiskodat.

Selain Wisata Kuliner Kampung Ujung, Gubernur bersama rombongan juga meninjau proyek pembangunan Marina Hotel milik PT ASDP Indonesia Ferry, serta Pertamina Modular di Jembatan Pink Kampung Tengah, Labuan Bajo.

Reporter: Itho Umar

Editor: San Edison


Berita Terkait

Komentar