Togar Situmorang Siap Ambil Bagian Merenovasi Gereja Katedral Denpasar

Minggu, 12 Agustus 2018 | 11:39 WIB
Share Tweet Share

Togar Situmorang. [foto: indonesiakoran.com/ san edison]

[DENPASAR, INDONESIAKORAN.COM] Gempa bumi berkekuatan 7 SR yang mengguncang Lombok, Sumbawa dan Bali, Minggu (5/8/2018), menimbulkan kerusakan infrastruktur fisik hingga jatuhnya korban jiwa.

Kerusakan serta korban paling banyak terdapat di Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Sementara di Bali, kerusakan bangunan juga terjadi, dan tercatat dua orang meninggal dunia.

IMG-20180805-WA0037_1533478081795_1533533556415

Kondisi reruntuhan di dalam Gereja Katedral Paroki Roh Kudus Denpasar, akibat guncangan gempa 7 SR, Minggu (5/8/2018) lalu. [foto: istimewa]

Salah satu bangunan yang mengalami kerusakan berat akibat guncangan gempa tektonik tersebut di Bali adalah Gereja Katedral Paroki Roh Kudus Denpasar.

Guncangan gempa menyebabkan lepasnya beberapa ornamen berbahan batu dalam gereja termegah di Pulau Dewata itu. Ornamen batu tersebut berjatuhan ke bagian dalam gereja. 

Baca Juga:
387 Orang Meninggal Dunia, Tanggap Darurat Gempa Lombok Diperpanjang

Namun, secara umum gereja masih bisa digunakan, karena kerusakan tidak mengganggu struktur bangunan secara keseluruhan. Hanya saja, reruntuhan batu itu cukup banyak berserakan di dalam gereja. 

Puing-puing bangunan yang berserakan itu sudah dibersihkan. Tidak ada korban dalam peristiwa nahas petang itu, karena pada saat terjadinya guncangan, hanya ada satu petugas dalam gereja yang bertugas mengunci pintu gereja.

Baca Juga:
Togar Situmorang Optimis Melenggang Mulus ke DPRD Bali, Karena Ini

Terkait hal itu, praktisi hukum sekaligus pengamat kebijakan publik, Togar Situmorang SH, MH, MAP, turut simpati. Ia mengharapkan, kondisi gereja dapat segera kembali seperti sediakala. 

"Perbaikan Gereja Katedral Paroki Roh Kudus Denpasar, Bali harus segera dilakukan agar umat dapat melakukan ibadah dengan tenang dan nyaman," harap Togar Situmorang, yang pada Pileg 2019 mendatang akan bertarung sebagai calon anggota DPRD Provinsi Bali nomor urut 7 Dapil Kota Denpasar dari Partai Golkar.

Pemilik Law Firm Togar Situmorang & Associates itu sendiri juga sedang memikirkan cara dan langkah untuk merenovasi kembali bagian-bagian gereja yang runtuh akibat gempa tersebut.

Baca Juga:
Togar Situmorang Komit Bela Rakyat Kecil Tanpa Imbalan

Editor: San Edison


Berita Terkait

Komentar