AJO Indonesia Lampung Dilantik di Tulang Bawang

Rabu, 16 Mei 2018 | 17:04 WIB
Share Tweet Share

Pelantikan DPD AJO Indonesia Provinsi Lampung dan DPC AJO Indonesia Kabupaten se-Lampung. [foto: istimewa]

[TULANG BAWANG] Dewan Pimpinan Daerah (DPD) dan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Aliansi Jurnalistik Online (AJO) Indonesia se-Provinsi Lampung, dilantik dan dikukuhkan oleh Dewan Pengurus Pusat (DPP) AJO Indonesia, di Gedung Kartini, Kecamatan Menggala, Kabupaten Tulang Bawang, Senin (14/5/2018).

Pelantikan dilakukan oleh Wakil Ketua Umum DPP AJO Indonesia, Muhammad Fauzi, mewakili Ketua Umum AJO Indonesia, Rival Achmad Labbaika.

Hadir dalam pelantikan ini Bupati Tulang Bawang, Hj Winarti, SE, MH, Ketua DPRD Kabupaten Tulang Bawang Sopi'i Ashari, SH, Jajaran Forkopimda Plus, para Pejabat Eselon Pemkab Tulang Bawang, tokoh pemuda, tokoh masyarakat, pimpinan Ormas, pengurus PWI, dan lainnya.

Wakil Ketua Umum DPP AJO Indonesia, Muhammad Fauzi, dalam sambutannya menyampaikan, dalam enam bulan ini tercatat sudah 19 DPD AJO Indonesia.

Ia menjelaskan, mudahnya membuat media online belakangan ini, menyulitkan quality control berita yang diproduksi media online.

"Akhirnya muncul hoaks, berita bohong dan itu justru mematikan media online itu sendiri. Karena kita tidak dipercaya oleh masyarakat. Di sini peran AJO Indonesia memerangi hoaks," ungkap Muhammad Fauzi

AJO Indonesia, imbuhnya, memiliki AD/ART yang jelas, dan mewajibkan anggotanya berbadan hukum.

Hal itu untuk menyeleksi secara administratif, agar produksi berita media online yang tergabung dalam AJO Indonesia tidak hoaks, tidak mengandung konten pornografi dan hal-hal yang melenceng dari kode etik jurnalistik.

"Sebab tanpa badan hukum, jika tersangkut masalah hukum, media online sulit berlindung di bawah UU Nomor 40/1999 Tentang Pers. Mereka diperlakukan dengan hukum pidana umum. Ini tujuan kami mewajibkan anggota AJO Indonesia harus berbadan hukum," tandasnya.

Sementara itu Ketua DPC AJO Indonesia Kabupaten Tulang Bawang, Yendi Yusman, mengatakan, untuk pelantikan AJO Indonesia se - Provinsi Lampung tersebut, ditunjuk Kabupaten Tulang Bawang menjadi tuan rumah.

“Alhamdulillah, Tulang Bawang dipercaya menjadi tuan rumah, dan ke depan DPC AJO Indonesia Kabupaten Tulang Bawang akan ikut bersinergi dalam pembangunan di Tulang Bawang, dengan memegang teguh komitmen sebagai lembaga jurnalistik online modern, profesional, berintegritas, anti-hoaks, dan menjaga keutuhan NKRI," ujarnya.

Editor: San Edison


Berita Terkait

Komentar