Suyasa Dilantik Jadi Wakil Ketua DPRD Bali

Selasa, 13 Maret 2018 | 20:44 WIB
Share Tweet Share

I Nyoman Suyasa, dilantik menjadi Wakil Ketua DPRD Provinsi Bali, Selasa (13/3/2018). [foto: indonesiakoran.com/ istimewa]

[DENPASAR] Politikus Partai Gerindra asal Kabupaten Karangasem, I Nyoman Suyasa, akhirnya dilantik menjadi Wakil Ketua DPRD Provinsi Bali, Selasa (13/3/2018).

Suyasa mengucapkan sumpah/ janji sebagai Wakil Ketua DPRD Provinsi Bali Sisa Masa Jabatan Tahun 2014-2019, dalam Rapat Paripurna Istimewa DPRD Provinsi Bali yang berlangsung di Ruang Sidang Utama Gedung DPRD Provinsi Bali.

Suyasa dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua Pengadilan Tinggi Bali I Ketut Gede. Suyasa dilantik berdasarkan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 161.51 – 316 Tahun 2018 Tentang Pengangkatan Wakil Ketua DPRD Provinsi Bali Sisa Masa Jabatan Tahun 2014 – 2019.

Suyasa yang juga Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Karangasem ini menggantikan koleganya Jro Gede Komang Swastika alias Mang Jangol, yang saat ini menyandang status terdakwa kasus Narkoba.

Sebelum dilantik menjadi Wakil Ketua DPRD Provinsi Bali, Suyasa menduduki jabatan sebagai Ketua Fraksi Partai Gerindra DPRD Provinsi Bali. Suyasa juga duduk sebagai anggota Komisi III yang membidangi pembangunan dan infrastruktur.

"Saya siap menjalankan amanah ini. Semoga saya bisa mengemban tugas ini dengan baik," kata Suyasa, usai pelantikan tersebut.

Sementara itu dalam sambutannya, Gubernur Bali Made Mangku Pastika mengharapkan Suyasa segera berdaptasi dengan tugas – tugas yang selama ini mungkin saja belum terlaksana secara maksimal. 

"Agar segera beradaptasi dengan cepat dalam tugas dan pengabdian yang terhormat tersebut, sehingga  bersama – sama untuk mampu meningkatkan kinerja institusi dewan, sekaligus meningkatkan hubungan kerjasama dan koordinasi dengan Pemprov Bali,” kata Pastika.
 
Ia merasa pelantikan Wakil Ketua DPRD Provinsi Bali sangat penting untuk segera dilaksanakan, sehingga tidak lama terjadi stagnasi kepemimpinan yang berakibat pada proses pelaksanaan tugas dan tanggung jawab yang turut mengalami gangguan. 

Pelantikan tersebut, menurut Pastika, juga merupakan bagian dari dinamika keanggotaan lembaga dewan yang dapat terjadi kapan saja atau karena keadaan yang mungkin saja tidak dapat kita duga.

Oleh karena itu, dinamika internal tersebut agar dimaknai sebagai faktor pendorong untuk memantapkan kolektivitas dewan dalam menjalankan fungsi pokok yakni fungsi legislasi, fungsi anggaran dan fungsi pengawasan. 

Sementara Ketua DPRD Provinsi Bali I Nyoman Adi Wiryatama, juga menyambut baik pelantikan Suyasa sebagai Wakil Ketua DPRD Provinsi Bali.

Ia berharap dengan lengkapnya pimpinan dewan saat ini, semakin memperkuat dan mengakselerasi pelaksanaan tugas pimpinan dewan dalam melaksanakan koordinasi dan sinergitas di intern DPRD maupun antar DPRD Provinsi Bali dengan Pemprov Bali sebagai mitra kerja.

Editor: San Edison


Berita Terkait

Komentar