La Nyalla Ngaku Diminta Rp 40 Miliar, Waketum Gerindra Anggap Wajar

Jumat, 12 Januari 2018 | 11:00 WIB
Share Tweet Share

La Nyalla

[SURABAYA] Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Arief Poyuono, membantah Prabowo Subianto pernah meminta sejumlah uang kepada mantan Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Jawa Timur, La Nyalla Mattalitti, agar diberikan rekomendasi untuk maju pada Pilgub Jatim 2018.

Arief mengaku,k pihaknya mendukung La Nyalla pada Pilgub Jatim. Saat itu, tutur dia, La Nyalla diberikan surat tugas untuk mencari partai pendukung untuk berkoalisi dan mengusungnya dalam pilgub Jatim. Namun hingga masa berlaku surat tugas itu selesai, La Nyalla tidak berhasil menggaet dukungan parpol lain.

"Tidak Ada permintaan Rp 40 miliar dalam surat tugas Gerindra pada Mas La Nyalla untuk mendapatkan partai koalisi, untuk mengusung Mas La Nyalla dalam Pilgub Jatim," kata Arief saat dihubungi, Kamis (11/1).

Kendati begitu, Arief menganggap wajar ihwal permintaan uang Rp 40 Miliar untuk membayar bayar saksi di TPS. Sebab menurut dia, terdapat sekitar 68.511 TPS pada Pilgub Jatim 2018.

"Mengenai uang Rp 40 miliar, kata Mas La nyalla, yang katanya diminta oleh partai Gerindra untuk bayar saksi di TPS saat pencoblosan, kalaupun itu benar, adalah sangat wajar karena pertama, kemenangan cakada dalam Pilgub itu kuncinya adalah kekuatan para saksi di TPS," ujarnya.

Arief merinci, dari jumlah TPS yang tersebar diwilayah itu, pihaknya membutuhkan tiga orang saksi untuk ditempatakan pada satu TPS . Sehinga biaya yang dikeluarkan untuk para saksi tersebut tidak sedikit nominalnya. Biaya tersebut mencakup uang makan, transportasi, tunjangan pelatihan sebelum pencoblosan, dan biaya tak terduga lainnya.

"Kita butuh tiga saksi untuk satu TPS. Kalau uang makan saksi sebesar 200 ribu per orang saja, maka dibutuhkan Rp 41 miliar. Belum lagi saksi-saksi di tingkat PPS, PPK, dan KPUD. Belum lagi untuk dana pelatihan saksi sebelum pencoblosan. Kekurangan dana nantinya yang menanggung, ya kader Partai Gerindra," pungkasnya.akurat

Editor: Mus


Berita Terkait

Nusantara

Gerindra Usung La Nyalla di Pilgub Jawa Timur?

Minggu, 25 Juni 2017

Komentar