Parade 1001 Kuda Sandalwood Dimulai

Senin, 03 Juli 2017 | 18:31 WIB
Share Tweet Share

Sebanyak 250 ekor kuda sandalwood memenuhi jalan protokol di kota Waingapu, Sumba Timur, Senin (3/7/2017). [foto: indonesiakoran.com/dionisius umbu]

[WAINGAPU] Sebanyak 250 ekor kuda sandalwood, kuda khas Pulau Sumba, lengkap dengan penunggangnya masing-masing menyemarakan jalanan di Kota Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), Senin (3/7/2017) siang.

Ratusan kuda ini memenuhi jalan protokol di kota Waingapu bukan dalam rangka lomba pacuan kuda atau bahkan menggelar aksi protes. Namun, ini menjadi pertanda dimulainya Parade 1001 Kuda Sandalwood dan Festival Tenun Ikat, yang merupakan hajatan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi NTT.

Kuda dan penunggangnya itu dilepas langsung oleh Gubernur NTT Frans Lebu Raya, dari Lapangan Rihi Eti, Kelurahan Prailiu, Kecamatatan Kambera, menyusuri jalanan protokol sejauh hampir dua kilometer menuju Taman Wisata Matawai, di Kota Waingapu.

Parade 250 ekor kuda yang dilaksanakan di Kabupaten Sumba Timur ini, akan berlanjut beberapa hari ke depan, yakni ke Kabupaten Sumba Tengah, Sumba Barat dan akan berakhir di Kabupaten Sumba Barat Daya.

Masing – masing kabupaten di Sumba akan mengerahkan 250 ekor kuda dan penunggangnya untuk memeriahkan Wonderful Sumba Island Festival 2017, kecuali Kabupaten Sumba Barat Daya yang menerjunkan 251 ekor kuda.

Dengan demikian, total kuda yang memeriahkan festival ini sebanyak 1001 ekor kuda.

“Even seperti ini benar –benar menunjukkan kekhasan Pulau Sumba sebagai penghasil Kuda Sandalwood, juga kain tenun yang indah serta mendunia. Tentunya diharapkan even ini akan berkelanjutan, sehingga selain bisa menarik minat wisatawan juga bisa menumbuhkembangkan ekonomi masyarakat,” harap Lebu Raya, disela – sela meninjau stand tenun ikat Sumba Timur di arena Taman Wisata Matawai.

Reporter: Dionisius Umbu
Editor: San Edison


Berita Terkait

Nusantara

Gubernur NTT Groundbreaking PLTMG di Sikka

Rabu, 21 Juni 2017
Nusantara

Jokowi Batal Hadiri Parade 1001 Kuda Sandalwood

Minggu, 02 Juli 2017

Komentar