Mendagri: Bali Harus Jadi Inspirasi Daerah Lain

Sabtu, 10 Juni 2017 | 20:07 WIB
Share Tweet Share

(Berdiri, dari kiri ke kanan) Ketua DPRD Provinsi Bali Nyoman Adi Wiryatama, Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta, Menteri Pariwisata RI Arief Yahya, Menteri Dalam Negeri RI Tjahjo Kumolo, dan Gubernur Bali Made Mangku Pastika, saat Pembukaan PKB, di Denpasar, Sabtu (10/6/2017). [foto: istimewa]

[DENPASAR] Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI, Tjahjo Kumolo, menekankan bahwa Bali harus mampu menjadi inspirasi, bukan saja bagi Bali sendiri tetapi bagi daerah lainnya di Indonesia.

Inspirasi ini, kata dia, terutama terkait kemampuan Bali dalam membangun destinasi pariwisata dan budaya. Sebab di tengah hiruk-pikuk pariwisata yang berkembang pesat, Bali justru mampu menjaga tradisi budayanya.

Tjahjo Kumolo menyampaikan hal ini, saat mewakili Presiden Joko Widodo (Jokowi), membuka Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-39 tahun 2017, di depan Monumen Perjuangan Rakyat Bali Bajra Sandhi, Jalan Raya Puputan Niti Mandala Renon, Denpasar, Sabtu (10/6/2017).

"Bali boleh maju, masyarakat Bali boleh semakin modern, tetapi tidak boleh meninggalkan jati dirinya akan adat istiadat, budaya dan keyakinan yang ada di Bali," tegas Tjahjo Kumolo.

Dengan demikian, imbuhnya, pembangunan industri pariwisata bukan hanya untuk meningkatkan partisipasi usaha lokal dalam industri pariwisata nasional seperti yang dicanangkan oleh Menteri Pariwisata.

"Namun juga harus mampu untuk meningkatkan keragamaan, meningkatkan kegotongroyongan, meningkatkan kebersamaan dan pemahaman yang sama bahwa Indonesia dibangun berdasarkan warna-warni kebhinekaan yang harus saling hormat-mengormati satu dengan yang lain," tandasnya.

Sementara itu Gubernur Bali Made Mangku Pastika, mengatakan, tema PKB kali ini adalah Ulun Danu atau Melestarikan Air Sumber Kehidupan..

Oleh karena itu, tampilan kesenian dalam pawai menggambarkan berbagai bentuk aktivitas masyarakat yang memanfaatkan, menggunakan dan memuliakan air sebagai sumber kehidupan dan peradaban.

Editor: San Edison


Berita Terkait

Nusantara

Badung Libatkan 9.000 Seniman di PKB 2017

Minggu, 28 Mei 2017
Nusantara

PKB Ajang Sajian Seni dan Budaya Terbaik

Minggu, 28 Mei 2017

Komentar