NTT Suguhkan Tiga Seni Tari di Ajang Pesta Kesenian Bali

Sabtu, 10 Juni 2017 | 07:04 WIB
Share Tweet Share

Ketua Umum IKB Flobamora Bali Yoseph Yulius Diaz (kanan) bersama jajaran, usai gladi bersih Pawai Pembukaan PKB, di Denpasar, Jumat (9/6/2017). [foto: istimewa]

[DENPASAR] Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-39 akan dibuka secara resmi, di depan Monumen Perjuangan Rakyat Bali Bajra Sandhi, Jalan Raya Puputan Niti Mandala Renon, Denpasar, Sabtu (10/6/2017) hari ini Pukul 14.00 WITA.

Sebagaimana sebelumnya, seluruh atraksi seni dan budaya di ajang PKB, akan dipusatkan di Taman Budaya Bali atau Art Centre, yang terletak di Jalan Nusa Indah Denpasar. PKB berlangsung selama sebulan penuh, 10 Juni hingga 8 Juli.

Khusus Pembukaan PKB, seluruhnya akan digelar di depan Monumen Bajra Sandhi. Dalam pembukaan ini, akan dilakukan pawai seluruh peserta PKB, baik dari seluruh kabupaten dan kota di Bali, maupun dari beberapa provinsi lainnya yang turut diundang tuan rumah.

Untuk PKB ke-39 ini Pemprov Nusa Tenggara Timur (NTT) melalui Dinas Pariwisata kembali berpartisipasi, dengan menyuguhkan tiga seni tari. Keikutsertaan NTT ini didukung penuh oleh Ikatan Keluarga Besar (IKB) Flobamora Bali.

"Untuk PKB 2017 ini, Duta Kesenian NTT akan berpartisipasi, baik sebagai peserta parade pada pawai Pembukaan PKB maupun untuk pementasan di arena PKB," jelas Ketua Umum IKB Flobamora Bali Yoseph Yulius Diaz, di Denpasar, Sabtu (10/6/2017) pagi.

IKB Flobamora Bali, menurut dia, diminta dan telah siap untuk mendukung kepesertaan Provinsi NTT pada hajatan seni terakbar ini.

"Khusus untuk pawai pembukaan, Flobamora Bali mengutus 60 orang peserta. 25 orang berpasangan lengkap dengan pakaian adat masing-masing daerah, serta 10 orang Satgas Flobamora," papar Yusdi Diaz, sapaan akrabnya.

Untuk pawai pembukaan ini, Dinas Pariwisata Provinsi NTT direncanakan akan menampilkan sebuah atraksi seni dengan durasi 4-5 menit di depan panggung kehormatan.

Adapun untuk pementasan di arena PKB, Dinas Pariwisata Provinsi NTT telah menyiapkan 13 penari terbaiknya untuk menyuguhkan Tarian Ae Manu Gae, Tarian Legenda Gunung Ia Meja Wongge, dan Tarian Baranuri.

Untuk ketiga seni tari ini, akan dibawakan oleh Sanggar Cindy Onekore, yang berasal dari etnis Ende, Flores. Tiga tarian ini akan dipentaskan selama sekitar 20 menit di Art Centre Denpasar.

Editor: San Edison


Berita Terkait

Nusantara

Badung Libatkan 9.000 Seniman di PKB 2017

Minggu, 28 Mei 2017
Nusantara

PKB Ajang Sajian Seni dan Budaya Terbaik

Minggu, 28 Mei 2017

Komentar