Gubernur Bali Tegaskan Siap Kelola RSUP Sanglah

Kamis, 01 Juni 2017 | 08:48 WIB
Share Tweet Share

Gubernur Bali Made Mangku Pastika. [foto: san edison]

[DENPASAR] Gubernur Bali Made Mangku Pastika, menegaskan, pihaknya siap dan mampu untuk mengelola Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Sanglah, Denpasar. Hal ini ditegaskannya, sekaligus merespon usulan DPRD Provinsi Bali agar pemerintah pusat menyerahkan pengelolaan rumah sakit tersebut ke daerah.

"Kalau pemerintah pusat kasih, ya kita kelola," ujar Pastika, usai menghadiri Sidang Paripurna Istimewa DPRD Provinsi Bali, di Denpasar, Rabu.

Menurut dia, RSUP Sanglah sudah mendesak untuk dilakukan sejumlah pembenahan. Apalagi setelah melihat apa yang terjadi di rumah sakit ini, yang penuh kesemerawutan dan sering ada keluhan dari para pasien dan keluarga pasien.

"Didirikan sudah lama sekali RSUP Sanglah itu. Bangunannya juga tumbuh secara sporadis," ucapnya.

Mantan Kapolda Bali itu menambahkan, sudah saatnya pengelolaan RSUP Sanglah tidak boleh seperti yang sudah berjalan selama ini. "Itu orang tua-tua bawa infus ditenteng ke mana-mana kan nggak bener," tandas Pastika.

Seharusnya, demikian Pastika, pengelolaan RSUP Sanglah dapat lebih efektif, efisien dan tidak mengganggu prosedur dan proses pengobatan.

"Jadi, kami sarankan supaya segera ada renovasi di sana. Itu luas lho, dan tanahnya luas sekali. Tetapi kalau itu dibuat misalnya seperti RS Bali Mandara dalam gedung besar sehingga semua pelayanan bisa integrated akan lebih baik," katanya.

Apabila disetujui pengelolaan RSUP Sanglah oleh Pemprov Bali, maka gedungnya juga akan dibangun ulang. "Itu untuk kebaikan, tetapi kalau pemerintah pusat mau mengerjakan sendiri, ya bagus sekali," pungkas Pastika.

Editor: San Edison


Berita Terkait

Komentar