Covid-19, Musda HIPMI Bali Digelar Virtual

Senin, 04 Mei 2020 | 17:01 WIB
Share Tweet Share

Mardani H Maming bersama Presiden Joko Widodo (Sumber: Kanal Kalimantan)

[JAKARTA, INDONESIAKORAN.COM] Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) berencana menggelar Musyawarah Daerah Bali secara virtual pada 05 Mei 2020. Pilihan itu diambil agar penyelenggaraan Musda tetap berjalan dengan memperhatikan protokol kesehatan penanganan pandemi coronavirus 2019 (Covid-19).

“Teknologi dan kreativitas merupakan dua hal mendasar yang menjadi tantangan terbesar seluruh masyarakat dunia saat ini. HIPMI pun ingin menyesuaikan dan mengasah diri dengan kedua hal tersebut. Salah satunya menggelar musyawarah daerah secara virtual, yang dimulai dari Musda XV BPD HIPMI Bali. Ini baru pertama kali terjadi,” kata Ketua Umum HIPMI Mardani H Maming di Jakarta, Senin (4/5/2020).

Musda digelar karena masa kepengurusan HIPMI Bali akan berakhir. Sesuai permohonan BPD HIPMI Bali dan dengan mempertimbangkan pemanfaatan teknologi komunikasi yang tersedia maka konferensi secara virtual diyakini dapat dilangsungkan secara lancar.

Dalam Musda ini, selain membahas program kerja, juga akan dilakukan pemilihan pengurus baru. Semua kegiatan itu dilakukan secara virtual. Para peserta Musda diperkirakan sekitar 100 orang meliputi antara lain pengurus BPD Bali, utusan dari 9 BPC HIPMI se-Bali, serta Peninjau dan BPP HIPMI. Masing-masing BPC akan diwakili lima orang.

Terkait mekanisme penyelenggaraan Musda Virtual, pengurus BPD HIPMI Bali, unsur panitia pengarah, dan tiga orang pimpinan sidang menempati salah satu ruangan dalam Gedung Dharmanegara Alaya di Denpasar. Sedangkan, dua orang pimpinan sidang yang dipilih peserta sidang berada di wilayah kabupaten atau kota masing-masing.

Sementara itu, lima utusan dari masing-masing BPC akan berada dalam satu ruangan dalam satu gedung di wilayah masing-masing, namun posisi duduknya berjauhan sesuai protokol kesehatan Covid-19. Sedangkan Ketua Umum HIPMI juga menjadi peserta Musda akan mengikuti dari rumahnya di Batulicin, Kalimantan Selatan.

Acara pembukaan akan diikuti Gubernur Bali Wayan Koster. Gubernur akan memberikan sambutan sekaligus membuka Musda ini yang terhubung secara virtual dari kantor Gubernur Bali di Denpasar.

“Sebagai organisasi orang muda yang selalu dituntut untuk kreatif dan inovatif, kami pun sesungguhnya tertantang dengan teknologi konferensi yang sedang berkembang. Kami mencoba menyesuaikan. Musda Bali ini menjadi pintu masuk mewujudkannya,” tambah Mardani.
Mardani menambahkan, HIPMI juga akan memberi akses kepada media massa dan pihak lain yang ingin menjadi peninjau dalam Musda virtual ini.

“Ini adalah kegiatan yang tidak biasa. Sesuatu yang baru pertama kami lakukan. Pasti ada kekurangan dan keterbatasan. Makanya, kami akan membuka akses kepada wartawan untuk ikut memantau, dan memberikan catatan,” pungkas Mardani.

Editor: Iman Febri


Berita Terkait

Ekonomi

Bisnis Keluarga Cendana Makin Menggeliat

Selasa, 11 Juli 2017
Ekonomi

Ekonomi Bali Masih Hadapi Tantangan Serius

Jumat, 29 Desember 2017

Komentar