Sebanyak 462 Napi Bebas Usai Dapat Remisi Massal

Selasa, 05 November 2019 | 18:51 WIB
Share Tweet Share

Ratusan napi di AS bebas usai dapat remisi massal

[OKLAHOMA, INDONESIAKORAN.COM] Lebih dari 400 narapidana (napi) di negara bagian Oklahoma, Amerika Serikat (AS), dibebaskan usai mendapatkan remisi besar-besaran. Para narapidana yang mendapat remisi ini merupakan narapidana yang divonis atas kasus tindak pidana ringan dan non-kekerasan.

Seperti dilansir CNN dan Reuters, Selasa (5/11/2019), sedikitnya 462 narapidana di wilayah negara bagian Oklahoma dibebaskan pada Senin (4/11) waktu setempat, setelah mendapatkan remisi massal.

Pembebasan dilakukan setelah Badan Pengampunan dan Pembebasan Bersyarat Oklahoma memvoting secara bulat pada Jumat (1/11) lalu, untuk merekomendasikan pengurangan masa hukuman (remisi) bagi ratusan narapidana yang kejahatannya tidak lagi ditetapkan sebagai pidana berat jika disidang saat ini.

Total 527 narapidana mendapatkan remisi pada Jumat (1/11) lalu, namun 65 narapidana di antaranya masih harus ditahan atas kasus lainnya dan baru akan dibebaskan nanti.

Gubernur Oklahoma, Kevin Stitt, menyebut ratusan remisi dalam satu hari ini menjadi yang terbesar dalam sejarah AS.

Langkah memberikan remisi massal ini merupakan salah satu dari banyak upaya reformasi penjara di Oklahoma yang bertujuan mengurangi penjara-penjara yang kelebihan penghuni. Di sisi lain, langkah ini juga membantu para pelanggar tindak pidana ringan untuk membangun kembali hidup mereka secara mandiri.

"Sekarang adalah hari pertama dari sisa hidup Anda," ucap Gubernur Stitt kepada para narapidana yang bebas setelah mendapat remisi.

Gubernur Stitt bersama jajarannya berjanji akan membantu para napi yang menjalani transisi dan tantangan hidup usai menghirup udara bebas. "Kami sungguh ingin Anda mendapatkan masa depan yang sukses," imbuhnya. 

Editor: Jefri


Berita Terkait

Komentar