Penataan Total Labuan Bajo, Pemerintah Pusat Kucurkan Rp28 Triliun!

Senin, 22 Juli 2019 | 23:25 WIB
Share Tweet Share

Menteri Pariwisata dan Kebudayaan RI Arif Yahya, memberikan keterangan kepada wartawan di Labuan Bajo. [foto: indonesiakoran.com/itho umar]

[LABUAN BAJO, INDONESIAKORAN.COM] Pemerintah pusat berkomitmen untuk melakukan penataan total pariwisata Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT). Bahkan penataan tersebut, sebagaimana dilontarkan Presiden Joko Widodo (Jokowi), ditargetkan rampung pada tahun 2020 mendatang.

Tak tanggung - tanggung, untuk penataan Bumi Komodo itu pemerintah pusat mengucurkan anggaran sebesar Rp 28 triliun. Anggaran serupa juga disiapkan untuk 9 destinasi wisata unggulan lainnya yang telah ditetapkan pemerintah pusat.

"Rata - rata (anggaran) untuk satu destinasi, 2 miliar US Dolar. 28 triliun Rupiah. Untuk Labuan Bajo juga sama," jelas Menteri Pariwisata dan Kebudayaan RI Arif Yahya, saat dikonfirmasi wartawan usai membuka Turnamen Tinju Internasional Piala Presiden XXIII, di Labuan Bajo, Senin (22/7/2019).

Dari total anggaran tersebut, menurut dia, 1 miliar US Dolar di antaranya dialokasikan untuk pembangunan infrastruktur dan utilitas dasar. Sisanya 1 miliar US Dolar lagi untuk investasi, hotel, resort dan lainnya.

Arif Yahya memastikan, dengan penataan menyeluruh sesuai keinginan Presiden Jokowi ini, Labuan Bajo bersama 9 "Bali Baru" lainnya akan benar-benar menjadi daya tarik baru yang akan diminati wisatawan. Investasi juga dipastikan akan tumbuh pesat.

"Sekarang saja begitu akses di sini dibuka, termasuk status bandara internasional, akan mudah sekali investor untuk masuk ke Labuan Bajo. Yang paling diminati investor, di sini (Labuan Bajo, red)," tandas Arif Yahya.

Reporter: Itho Umar
Editor: San Edison


Berita Terkait

Komentar