Presiden: Pariwisata Labuan Bajo untuk Segmentasi Premium

Rabu, 10 Juli 2019 | 17:36 WIB
Share Tweet Share

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengenakan topi dan songket khas Manggarai saat tiba di Bandara Komodo, Labuan Bajo. [foto: istimewa]

[LABUAN BAJO, INDONESIAKORAN.COM] Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, pemerintah akan melakukan penataan secara menyeluruh untuk Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Penataan di antaranya berupa perluasan Bandara Komodo, penataan kawasan Puncak Waringin, pengadaan air minum bersih, hingga penataan pelabuhan.

"Ini total penataannya," kata Kepala Negara, kepada wartawan di sela-sela kunjungan kerjanya ke Labuan Bajo, Rabu (10/7/2019).

Menurut Presiden Jokowi, penataan menyeluruh ini dilakukan karena pariwisata Labuan Bajo akan dipersiapkan untuk segmentasi premium.

"Segmentasi yang kita mau ambil di sini adalah segmentasi premium. Oleh sebab itu, penataan kawasan di Labuan Bajo ini penting sekali," tegasnya.

Untuk Bandara Komodo misalnya, Presiden menargetkan perluasan dan perpanjangan runway paling lambat rampung tahun 2020. Sementara fokus saat ini salah satunya adalah penataan view point di kawasan Puncak Waringin, terutama trotoar di sisi kiri jalan, untuk memberikan ruang kepada wisatawan menikmati pesona laut dan pulau di depannya.

"Kekurangan suplai air juga akan dikerjakan. Juga di atas (Puncak Waringin, red) kita rapikan sebagai pusat handicraft," jelas Presiden Jokowi.

"Penataan pelabuhan juga akan dilakukan. Untuk kontainer, akan dipindah ke lokasi lain. Di pelabuhan saat ini khusus untuk kapal penumpang, phinishi, cruise," pungkas Kepala Negara.

Reporter: Itho Umar
Editor: San Edison


Berita Terkait

Komentar