Marak Isu Provokatif, Cipayung Plus: Rakyat Indonesia Bersama KPU

Rabu, 10 April 2019 | 21:05 WIB
Share Tweet Share

Kelompok Cipayung Plus saat memberikan dukungan moril kepada KPU. [foto: istimewa]

[JAKARTA, INDONESIAKORAN.COM] Isu dan tuduhan provokatif yang dialamatkan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) cukup marak belakangan ini. Kondisi ini diharapkan tidak mengganggu kinerja KPU, jelang hari pencoblosan Pemilu 2019, yang tinggal menghitung hari.

Menyikapi kondisi ini, 6 organisasi mahasiswa yang tergabung dalam Cipayung Plus, memberikan dukungan moril dengan mendatangi KPU RI, di Jakarta, Rabu (10/4/2019).

Dukungan moril tersebut disampaikan langsung oleh 6 ketua umum organisasi mahasiswa, yakni Agus Herlambang (Ketua Umum PB PMII), Kadek Andre Nuaba (Ketua Umum PP KMHDI), Robayatullah Kusuma Jaya (Ketum DPP GMNI), Kornelis Galanjinjinay (Ketua Umum PP GMKI), Najih Prasetyo (Ketum DPP IMM), dan Juventus Prima Yoris Kago (Ketua Presidium PP PMKRI).

Mereka diterima tiga komisioner KPU RI, yakni Viryan Aziz, Hasyim Asy'ari dan Pramono Ubaid Tanthowi.

Ketua Umum DPP IMM Najih Prasetyo, saat membuka obrolan, menyampaikan niat silahturahmi kelompok Cipayung Plus kepada KPU karena melihat banyaknya isu dan tuduhan provokatif yang di alamatkan kepada KPU.

"Kami yang tergabung dalam kelompok Cipayung Plus mendukung penuh KPU untuk fokus pada penyelenggaraan Pemilu dan tidak terpengaruh dengan isu dan provokasi yang dapat menyebabkan instabilitas," kata Najih.

Sementara Ketua Umum PB PMII Agus Herlambang menambahkan, dukungan moril ini untuk memastikan bahwa rakyat Indonesia bersama KPU.

"Rakyat Indonesia bersama KPU. Mari bersama menjaga KPU dan menangkal segala bentuk tuduhan dan hoaks yang dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab," ucapnya.

"Kami bersama KPU, karena kami percaya KPU independen dan akan menjalankan tugasnya dengan sebaik-baiknya demi pertumbuhan demokrasi Indonesia. Jangan percaya isu dan hoaks yang tidak berdasar," imbuh Agus.

Sementara Komisioner KPU Viryan Aziz, menyambut baik dukungan dari setiap elemen. Ia juga mengapresiasi dukungan dari kelompok Cipayung Plus ini.

"Kami berterima kasih kepada Cipayung Plus atas dukungannya. Kita akan bekerja semaksimal mungkin untuk untuk menyukseskan Pemilu 17 April nanti," tandas Viryan.

Pertemuan tersebut diakhiri dengan pose bersama dan Cipayung Plus menyerahkan 3 poin dukungan untuk KPU. Adapun isi poin dukungan tersebut adalah sebagai berikut:

Pertama, mendukung secara penuh upaya Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam melaksanakan Pemilu damai sesuai dengan prinsip-prinsip demokrasi Pancasila yang mengedepankan nilai – nilai persatuan dan kesatuan bangsa.

Kedua, berkomitmen bergerak bersama memerangi berita bohong (hoaks) dan gerakan – gerakan yang mengarah kepada upaya pendelegitimasian lembaga Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Ketiga, mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk terlibat aktif memantau dan mengawasi perhelatan Pemilu agar selalu tertib dan menghormati setiap proses pelaksanaan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Editor: San Edison


Berita Terkait

Politik

Ogah Nyaleg di Bali, Putu Artha Pilih Sulteng

Minggu, 04 Juni 2017
Politik

Dana Pilgub Kaltim Dialokasikan Rp 331 Miliar

Minggu, 11 Juni 2017
Politik

Kebiasaan Buruk DPR Ini Ganggu Pemilu

Rabu, 14 Juni 2017

Komentar