JK: Teknologi Informasi Berkembang Pesat, Dunia Banyak Berubah

Kamis, 14 Maret 2019 | 18:25 WIB
Share Tweet Share

Gubernur Bali Wayan Koster berkesempatan mendampingi Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK), membuka International Reform Policy Symposium and Regional Workshop di Bali Nusa Dua Convention Center, Nusa Dua, Bali, Kamis (14/3/2019). [foto: istimewa]

[NUSA DUA, INDONESIAKORAN.COM] Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK), membuka International Reform Policy Symposium and Regional Workshop di Bali Nusa Dua Convention Center, Nusa Dua, Bali, Kamis (14/3/2019).

Pada kesempatan tersebut, JK menyebut bahwa dunia saat ini dihadapkan pada perubahan-perubahan, terutama yang disebabkan karena peningkatan teknologi.

Untuk itu, diperlukan tiga hal untuk menghadapi perubahan yang terjadi. Ketiganya adalah sistem yang lebih cepat, sistem yang lebih baik, dan sistem yang efisien.

Dikatakan, era digital ini ditandai dengan semakin berkembangnya teknologi informasi. Untuk itu, sistem tersebut juga didukung oleh teknologi yang baik.

"Indonesia dalam 20 tahun terakhir telah mengalami reformasi," ujar Wapres.

JK mencontohkan, bahwa dahulu Indonesia negara yang otoriter dan sentralistik. Namun kini, Indonesia telah menjadi negara desentralisasi dan terkemuka.

"Sistem pemerintahan juga mengalami perubahan, karena beradaptasi," tuturnya.

Ia menambahkan, perubahan sistem juga perlu dibarengi perubahan cara berpikir. Sebagai negara yang demokratis, keinginan masyarakat yang menentukan bagaimana harus berjalan.

"Semua harus dikerjakan lebih cepat lagi," tegasnya.

Reporter: Arzy Wulandari
Editor: San Edison


Berita Terkait

Komentar