Konten Pelanggaran Pemilu, Kominfo Koordinasi dengan KPU dan Bawaslu

Kamis, 06 Desember 2018 | 14:17 WIB
Share Tweet Share

Operator komputer sedang merawat mobil pusat layanan internet gratis di Arso 14, Papua [Foto: Antara]

[INDONESIAKORAN.COM] Terkait konten pelanggaram pemilu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berkoordinasi dengan KPU dan Bawaslu dalam hal menindak langsung konten-konten yang termasuk atau terkategori dalam pelanggaran pemilu.

Dalam diskusi publik bertajuk "Tantangan Keamanan Siber dalam Pemilu 2019", konten-konten yang terkait dengan pelanggaran pemilu, Kominfo menunggu keputusan dari instansi penyelenggara pemilu itu yakni KPU dan Bawaslu.

"Dalam hal pengaturan konten, kami akan bertindak langsung kalau kontennya terkait perjudian dan pornografi. Kalau di luar itu, misalnya, pelanggaran pemilu, kami tunggu instansi terkait dalam hal ini KPU dan Bawaslu," ujar Riko yang juga Kepala Seksi Infrastruktur Pengendalian Keamanan Internet Kominfo, di Jakarta, Kamis (6/12/2018).

Riko mengatakan secara umum dalam pengaturan konten, Kominfo lebih banyak bersifat reaktif. Kominfo memiliki tim yang bekerja 24 jam setiap hari untuk mencari dan membersihkan konten berita bohong, hoaks dan disinformasi.

Tantangannya di 2019 cukup besar karena Kominfo harus senantiasa bersikap netral sebagai institusi pemerintah dan juga harus menjaga keamanan pemilu.

Menteri Kominfo Rudiantara telah menginstruksikan seluruh jajaran Kominfo untuk mengantisipasi konten yang berpotensi memecah-belah dan menimbulkan kericuhan.

"Kami terus mengawasi dengan melihat potensi dan perkembangannya," katanya.

Reporter: Wati
Editor: Aurelia A.


Berita Terkait

Komentar