Pengamat UMB: Persepsi Publik Nasional Jokowi Masih Unggul

Jumat, 14 September 2018 | 12:55 WIB
Share Tweet Share

Pengamat Politik dari Universitas Mercu Buana (UMB) Jakarta, Rahman

[JAKARTA, INDONESIAKORAN.COM] Pengamat Politik dari Universitas Mercu Buana (UMB) Jakarta, Rahman mengatakan dari aspek persepsi nasional pasangan Jokowi-KH Ma'aruf masih mengungguli pasangan Prabowo-Sandi dalam pemilihan Presiden 2019.

Hal ini dikatakan Rahman mengingat sebagian besar pemilih Jokowi dari kalangan menengah ke bawah yang memiliki persepsi positif terhadap Jokowi.

"Saya mencermati, dari perspespsi publik nasional pak Jokowi itu masih unggul karena pemilih terbesar itu menengah ke bawah," kata Rahman saat ditemui indonesiakoran.com, di Kampus UMB, Jumat (14/9/2018).

Namun lanjut Rahman, situasi ini bisa berubah bila ada intervensi negara besar di dunia yang memiliki investasi di Indonesia dan ikut mencampuri politik Indonesia khususnya pilpres 2019.

"Tapi situasi ini bisa berubah bila ada intervensi asing atau negara besar di dunia yang miliki investasi besar di Indonesia. Ini bisa jadi variabel yang bisa mengganggu kemenangan Jokowi," ujar Wakil Dekan Fikom UMB ini.

Selain itu kata Rahman, saat ini adanya perbedaan ideologi politik negara asing yang memiliki kepentingan di Indonesia dengan penguasa saat ini sehingga sangat dimungkinkan ikut berperan dalam pilpres 2019.

"Ada indikasi perbedaan ideologi politik dari negara-negara besar yang miliki kepentingan di Indonesia terhadap penguasa sekarang dan ini lagi-lagi karena investasi," jelasnya.

Editor: Mus


Berita Terkait

Komentar