Pengamat Ini Prediksi Hanya Dua Parpol Yang Dukung Prabowo

Sabtu, 14 April 2018 | 15:41 WIB
Share Tweet Share

Maksimus Ramses Lalongkoe. [foto: istimewa]

[JAKARTA] Pengamat Politik Maksimus Ramses Lalongkoe, memprediksi hanya ada dua partai politik (parpol) yang akan mendukung Bakal Calon Presiden Prabowo Subianto, pada Pilpres 2019 mendatang.

Kedua partai yang akan mendukung Prabowo, menurut Ramses, yakni Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

"Saya memprediksi kemungkinan hanya ada dua partai yang akan mendukung Pak Prabowo dalam Pilpres 2019, yakni Gerindra dan PKS," kata Ramses, di Jakarta, Sabtu (14/4/2018).

Menurut dia, ada beberapa analisa yang dapat menjelaskan parpol-parpol lain yang saat ini belum menyatakan dukungan, justru akan mendukung Joko Widodo (Jokowi) pada Pilpres 2019, seperti PAN dan PKB.

Beberapa analisa itu, demikian Ramses, pertama, saat ini PAN dan PKB masih menjadi partai pendukung pemerintah dan memiliki kursi di Kabinet Kerja Jokowi.

Hal ini menjadi beban psikologis tersendiri, apabila kedua partai itu tidak mendukung kembali Jokowi.

Kedua, saat pencalonan periode kedua mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), sebagian besar partai pendukung pemerintah justru mengusung kembali SBY sebagai Presiden.

Ramses melihat, pola demikian akan kembali terjadi pada kepemimpinan Jokowi.

"Bisa saja partai yang saat ini belum tentukan dukungannya, seperti PAN dan PKB, akan kembali mendukung Jokowi. Apalagi partai ini punya kursi di Kabinet Kerja Jokowi," ucapnya.

"Dari aspek psikologis juga tentu menjadi beban bagi mereka, bila mendukung calon lain. Selain itu, saat Pak SBY maju periode kedua dulu, sebagian besar partai pendukung pemerintah justru kembali mengusungnya. Hal itu bisa saja kembali terjadi pada masa Jokowi," imbuh Ramses.

Dikatakan, analisa ini yang bisa memprediksi bahwa hanya ada dua partai yang akan mendukung Prabowo pada Pilpres 2019 mendatang.

Editor: San Edison


Berita Terkait

Komentar