Bolivia Segera Keluarkan Surat Penangkapan Evo Morales

Senin, 16 Desember 2019 | 00:03 WIB
Share Tweet Share

Presiden interim Bolivia Jeanine Anez

[BOLIVIA, INDONESIAKORAN.COM] Presiden interim Bolivia Jeanine Anez berencana mengeluarkan surat penangkapan kepada mantan kepala negara Evo Morales. Saat resmi menjadi presiden sementara bulan lalu, Anez menegaskan Morales akan ditangkap jika berani pulang ke Bolivia.

Berbicara dalam sebuah latihan militer dekat perbatasan Argentina, Anez mengatakan surat penangkapan terhadap Morales akan dikeluarkan "dalam beberapa hari ke depan."

Anez mengatakan jika Morales ingin kembali ke Bolivia, maka dia "harus siap menghadapi segala konsekuensi."

"Dalam beberapa hari ke depan, surat perintah penangkapan akan dikeluarkan," kata Anez, dilansir dari Press TV, Minggu 15 Desember 2019. Anez mengatakan Morales akan diinvestigasi dalam dugaan penghasutan dan terorisme.

Morales, presiden pertama Bolivia dari etnis pribumi, mengundurkan diri pada November lalu di tengah tekanan aksi protes massa. Ia mundur setelah tidak lagi mendapat dukungan dari kepolisian dan militer Bolivia.

Setelah menjadi presiden sejak 2006, Morales dituding berbuat curang dalam pemilihan umum presiden pada Oktober lalu. Morales membantahnya, dan mengatakan bahwa Anez beserta rombongannya telah melakukan kudeta.

Pekan kemarin, Morales telah pergi ke Argentina setelah sempat mendapat suaka di Meksiko. Presiden Argentina Alberto Fernandez memutuskan memberikan perlindungan bagi Morales.

Editor: Gus


Berita Terkait

Internasional

Pasca Presiden Morales Digulingkan, Kini Bolivia Rusuh

Minggu, 24 November 2019
Internasional

Argentina Beri Suaka Politik kepada Evo Morales

Jumat, 20 Desember 2019

Komentar