Berperan Aktif Merawat Toleransi, Vatikan Apresiasi Surya Paloh

Jumat, 07 Juni 2019 | 20:44 WIB
Share Tweet Share

Markus Solo usai menerima Buku Surya Paloh Sang Ideolog. [foto: istimewa]

ROMA, INDONESIAKORAN.COM] Pemilik Stasiun Televisi Metro TV yang juga Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh, mendapat apresiasi khusus dari Vatikan. Apresiasi tersebut sebagaimana disampaikan Sekretaris Dewan Kepausan Kementerian Dialog Antaragama Vatikan, Pater Markus Solo Kewuta, SVD.

Surya Paloh dinilai memiliki komitmen yang kuat dalam membangun nilai-nilai keberagaman di Indonesia, yang menyebabkan Vatikan memiliki akses dalam mewujudkan perdamaian dunia.

Markus Solo bahkan secara khusus memuji Surya Paloh, karena ketokohannya yang secara aktif dan nyata sebagai tokoh yang turut serta mewujudkan dan merawat toleransi serta kerukunan antar umat beragama.

Apresiasi tersebut diungkapkan Markus Solo, saat menerima Wasekjen DPP Partai NasDem Hermawi Fransiskus Taslim, di kantornya di Vatikan, Senin (3/6/2019) waktu setempat. Dalam pertemuan yang sangat bersahabat tersebut, Markus Solo menerima Buku "Surya Paloh Sang Ideolog" dari Hermawi Fransiskus Taslim.

Saat penyerahan buku tersebut, Taslim menjelaskan, Buku "Surya Paloh Sang Ideolog" merupakan inti dari visi politik Surya Paloh yakni "Peta Jalan Restorasi" yang menjadi dasar semangat perjuangan Partai NasDem dalam mencapai cita-cita politiknya.              

Meskipun terbilang sebagai partai yang paling muda di Parlemen Indonesia, Partai NasDem pada pemilu 2019 telah menempatkan diri sebagai kekuatan politik baru indonesia dengan perolehan 59 kursi, yang memosisikannya pada urutan ke - 4 di bawah PDIP, Partai Gerindra dan Partai Golkar.    
            
"Sebagai partai yang berpandangan nasionalis-religius, sejak didirikan, Partai NasDem membuat Bidang Keagamaan yang tersebar dari tingkat pusat sampai kabupaten, di mana pada masing-masing tingkatan dipimpin Ketua Bidang Keagamaan," papar Taslim.

Bahkan, lanjut Taslim yang juga Ketua Forum Komunikasi Alumni (Forkoma) Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) itu, pada saat Rakernas menjelang Pemilu 2019 lalu, Partai NasDem mengundang semua pemimpin agama (PB NU, PP Muhammadiah, PGI, KWI, WALUBI dan Parisada HINDU) untuk menjadi narasumber.

"Masukan dan ide yang berasal dari para pemimpin agama tersebut, menjadi bagian dari program kerja nasional Partai NasDem," ujar Taslim.

IMG_20190607_214317

Buku "Deklarasi Abu Dhabi" diserahkan Markus Solo kepada Hermawi Fransiskus Taslim untuk diteruskan kepada Surya Paloh. [foto: istimewa]

Sementara itu, Markus Solo pada kesempatan yang sama, menitipkan Buku "Deklarasi Abu Dhabi" tentang perdamaian dunia yang ditandatangani oleh Paus Fransiskus dan Imam Besar Al Azhar Ahmed el Tayeb pada Februari 2019, saat Pimpinan Tertinggi Gereja Katolik itu berkunjung ke Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Kepada Taslim, Markus berpesan agar buku yang monumental itu disampaikan kepada Surya Paloh.

Editor: San Edison


Berita Terkait

Internasional

Ledakan di Vatikan Bukan Terorisme

Minggu, 04 Juni 2017
Internasional

Auditor Vatikan Mengundurkan Diri Tiba-tiba

Rabu, 21 Juni 2017

Komentar